Tanya Dokter

  • Mengatasi muntah dan kedinginan pada pasien riwayat diabetes

  •  Aniskh
    Anggota
    Halo dokter. Saya mau bertanya .. Ayah saya kan mempunyai riwayat penyakit diabetes basah dan sekarang luka nya masih ada dan terkadang beliau terkena darah tinggi.. Tapi akhir2 ini beliau sering muntah2 dan kadang kedinginan capek capek. Sudah diperiksakan ke dokter pribadi tapi tetap saja seperti itu. apakah ayah saya ada sakit lain atau alergi dengan obat2 annya yang diminum setiap hari? Seperti captropil dan latibet serta amoxicilin dan asam fenamat.

    Halo Aniskh........

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Jika kita fokuskan kepada keluhan ayah Anda berupa muntah atau yang dalam bahasa medis disebut sebagai vomitus, dimana hal ini merupakan suatu refleks yang tidak dapat dikontrol untuk mengeluarkan isi lambung dengan paksa melalui mulut, dapat disebabkan oleh berbagai macam hal.

    Berikut ini beberapa kondisi yang dapat menyebabkan timbulnya muntah, diantaranya adalah : peradangan pada saluran pencernaan, gangguan kesehatan pada lambung, obat - obatan tertentu, masalah psikologis yang berhubungan dengan stres, dan lain sebagainya.

    Jika sampai saat ini muntah masih saja sering terjadi, maka kami menyarankan segeralah menemui dokter spesialis penyakit dalam, dan mendiskusikan masalah ini, agar ayah Anda dapat dilakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut secara langsung.

    Beberapa pemeriksaan yang kemungkinan akan dilakukan oleh dokter terkait masalah yang ayah Anda alami, diantaranya meliputi : pemeriksaan fisik, tes darah, USG khusus perut, endoskopi, dll., sehingga akhirnya penanganan yang tepat dapat diberikan sesuai dengan penyebab pasti nantinya diketahui.

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    Dr. Jati