Tanya Dokter

  • Apa obat untuk nyeri perut kanan?

  •  Kasle71
    Anggota
    Halo dok, usia saya 47 tahun, awalnya saya menstruasi dibarengi nyeri perut bagian kanan atas 3 hari sudah selesai, tapi nyerinya masih berlanjut. Sudah ke klinik katanya kena maag padahal saya selama ini tidak punya maag. Kalau saya mau lanjut periksa ke dokter, sebaiknya kemana ya dok? Ke dokter umum atau ke dokter mana ya dok?

    Terimakasih telah bertanya di Alodokter

     

    Nyeri perut kanan disebabkan berbagai kemungkinan antara lain :

    -Radang usus buntu / appendisitis : nyeri perut kanan bawah disertai mual,muntah,demam tinggi

    -Infeksi saluran pencernaan : nyeri perut dapat timbul diaman saja disertai demam, muntah,perut terasa kembung, sulit buang air besar atau diare.

    -Gangguan hati / hepatitis : nyeri perut disertai kulit atau mata yang kekuningan, urine berwarna kuning seperti teh. Biasanya pasien memiliki riwayat jajan sembarangan, penggunaan jarum suntik atau sehabis transfusi darah

    -Gangguan lambung / maag : nyeri ulu hati hingga bagian kanan atas perut, perut terasa perih, terasa asam atau pahit di mulut, dada terasa terbakar, mual dan muntah

    -Gangguan pankreas dan empedu : nyeri perut kanan hingga menembus kebelakang (punggung), disertai demam tinggi, mual, muntah. Seringkali kondisi ini dikaitkan dengan adanya batu empedu.

    -Infeksi pada kandungan : Sering terjadi pada pasien dengan riwayat berganti-ganti pasangan seksual, melakukan aborsi tidak sesuai prosedur (ilegal)

    -Kista pada indung telur : kista adalah kantung berisi cairan

    -Tumor pada kandungan maupun indung telur

     

    Agar dapat memastikan kondisi anda, saya sarakan anda segera berkonsultasi ke dokter spesialis penyakit dalam. Mendiagnosa suatu penyakit dokter harus melakukan wawancara langsung dan melihat kondisi pasien. Dokter akan melakukan wawancara, pemeriksaan terhadap anda dan dilakukan pemeriksaan penunjang berupa pemeriksaan darah , urine , feses maupun USG perut untuk mengetahui kelainan atau infeksi yang mendasari keluhan nyeri perut anda. Dokter akan memberikan pengobatan sesuai penyakit yang mendasari keluhan tersebut. Apabila dokter mendiagnosis anda menderita usus buntu, anda mungkin akan disarakan melakukan operasi pengangkatan usus buntu.

     

    Beberapa anjuran yang dapat anda lakukan dirumah :

    -Makan teratur 3x sehari. 

    -Konsumsi makanan tinggi serat seperti sayur dan buah

    -Mengkonsumsi obat lambung yang dijual bebas di apotik seperti misalnya antasida

    -Banyak konsumsi air putih minimal 3 liter/hari

    -Banyak beristirahat , tidur minimal 6 jam/hari

    -Kelola stres anda dengan baik, stress berlebih dapat memicu asam lambung meningkat

     

    Semoga bemanfaat

    Salam, dr. Natalia