Tanya Dokter

  • Bintik putih seperti daging pada anus

  •  Alfrisa
    Anggota
    Hallo dok! Mau nanya dong bagaimana cara menghilangkan bintik" putih pada bagian anus bintik itu sperti daging yang tumbuh. Bagaimana cara mengobatinya dok? Terima kasih dok

    Hai,

    Bintik seperti daging yang tumbuh pada bagian anus tersebut diantaranya dapat disebabkan oleh kutil kelamin. Kutil kelamin ,merupakan penyakit menular seksual yang ditandai dengan munculnya benjolan seperti daging berukuran kecil di sekitar kelamin atau dubur. Penyebabnya yaitu Human papillomavirus (HPV). 

    Seseorang dapat tertular kutil kelamin saat terdapat kontak antar kulit ketika dirinya melakukan hubungan seksual dengan orang lain yang sudah terinfeksi. 

    Pengobatan kutil kelamin dapat diberikan dengan obat bentuk topikal (oles) maupun tindakan ablasi (penghancuran jaringan kutil dengan cara dibakar, dibedah, atau dibekukan). Kutil kelamin tidak diobati menggunakan obat kutil yang dijual bebas di apotek. Penggunaan obat secara sembarangan dapat menyebabkan iritasi dan nyeri pada area yang terkena. 

    Selain itu, bintik-bintik putih juga dapat timbul akibat iritasi, misalnya terhadap sabun, pewangi, atau deterjen. Biasanya akan timbul gejala gatal. 

    Cobalah untuk melakukan hal-hal berikut:

    • jaga kebersihan tubuh, termasuk area kelamin dan dubur
    • gunakan celana yang bersih, sebaiknya dengan bahan yang nyaman dan tidak terlalu ketat
    • cuci bersih celana sehingga tidak terdapat sisa deterjen yang menempel
    • tidak menggaruk berlebihan jika timbul gatal untuk mencegah risiko infeksi
    • pengaman seperti kondom dapat digunakan untuk mengurangi risiko penularan infeksi menular seksual

    Jika gejala belum membaik, disarankan agar Anda periksa ke dokter. Sehingga dapat dilakukan pemeriksaan langsung terhadap ruam kulit yang timbul, dengan mengetahui gejala dan riwayat yang dialami. Dokter akan memberikan pengobatan yang tepat sesuai dengan penyebab medis yang mendasari. 

    Halaman berikut membahas Pengobatan kutil kelamin

     

     

    Semoga bermanfaat,

    dr. Jessica