Tanya Dokter

  • Penyebab kemerahan pada punggung disertai rasa gatal

  •  ichanica
    Anggota

    SHai Dok,

    Saya anita umur 22, sudah lama sekali saya merasakan penyakit pada kulit saya ini. Seperti kemerahan yang melebar/panu ada pada bagian tubuh depan dan punggung. Saya sudah pernah mengoleskan dengan salep secara rutin 1-3 hari setelah itu hilang dok namun setelah beberapa hari kemudian muncul kembali disetai dengan rasa gatal padahal saya termasuk orang yang rajin mandi dan pakaian pun bersih namun mengalami hal ini. Mohon infonya obat apa yang harus saya gunakan untuk menghilangkannya dan agar tidak muncul kembali.

    Salam.

    Selamat malam,

    Keadaan yang dapat terjadi pada Anda, antara lain :

    • Infeksi jamur
    • Infeksi kulit lain
    • gigitan serangga/kutu
    • alergi

    Pada infeksi jamur yang dapat terjadi seringkali pada orang yang memiliki tingkat berkeringat tinggi, atau pada orang yang memiliki aktivitas tinggi, atau bisa juga pada orang yang memiliki kekebalan tubuh yang rendah. Pada infeksi jamur biasanya gatal yang terjadi akan melebar dan meluas seiring infeksi tersebut meluas. Warna ruam yang terjadi dapat bervariasi dari putih hingga kemerahan. Jika terus digaruk dan terjadi lecet, maka dapat timbul infeksi bakteri pada luka tersebut, yang menyebabkan luka menjadi bernanah.

    Saran Saya agar Anda dapat berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sehingga dapat dilihat secara langsung dan diperiksa secara lengkap sehingga dapat diketahui penyebab gatal tersebut sehingga dapat diberikan obat secara tepat sesuai dengan keadaan yang sebenarnya.

    Sekian informasi dari Saya,semoga bermanfaat

    dr.Anthony