Tanya Dokter

  • Kemungkinan tertular TB

  • dok,.  jadi saya punya teman sekamar yg trkena tbc , dua hari stelah dia priksa saya jg trkena btuk dok,. namun saya tidak tahu batuk biasa atau tbc,. d khwtrkn tbc,. tp gejalany tdk sperti yg d derita pnderita tbc .klo gejala saya yaitu pusing, tubuh saya terasa kediginan, pegal2 d seluruh badan juga mual nafsu makan saya masih  normal mskipun lidahnya agak terasa sdkit kurang enk ,. 

    apa saran dkter untuk saya ,,. terimakasih..

    Fares Analis Syahad  dr. Devika Y
    Dokter

    Halo Fares,

    TB / tuberkulosis merupakan penyakit menular yang disebabkan karena infeksi bakteri M tuberculosis. TB bisa mengenai paru, bisa juga di luar paru / TB eksta paru. TB paru menimbulkan gejala berupa batuk lama lebih dari 3 minggu, demam ringan, keringat malam, batuk berdarah, penurunan berat badan, penurunan nafsu makan. Pemeriksaan TB paru adalah dengan tes dahak dan rontgen. Pengobatannya dengan obat anti tuberkulosis / OAT yang dikonsumsi minimal 6 bulan.

    Penularan TB paru adalah melalui percikan ludah penderita, baik saat berbicara, tertawa, bersin, ataupun batuk. Kemungkinan penularan akan meningkat pada orang yang 1 kamar atau 1 rumah dan orang yang sering berkontak dengan penderita. Penularan TB paru berlangsung sampai beberapa minggu awal masa pengobatan. Apabila penderita menjalani pengobatan TB paru secara patuh dan tepat, maka kemungkinan penularan akan jauh brkurang bahkan tidak menularkan kembali setelah 1 bulan berobat. Tetapi harap diperhatikan bahwa meskipun gejala sudah jauh membaik dan tidak beresiko menularkan, penderita TB harus tetap minum OAT sampai dinyatakan selesai pengobatan oleh dokter yang merawat ya.

    Apabila saat ini Anda mengalami batuk, dengan riwayat teman sekamar TB, sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter supaya bisa dilakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk memastikan kodisi Anda sehingga Anda bisa diberikan penanganan yang tepat ya.

    Sementara itu sebaiknya Anda mencegah penularan TB dengan cara berikut ini:

    • Biasakan pola hidup sehat agar daya tahan tubuh meningkat
    • Usahakan menggunakan masker, baik itu teman Anda maupun Anda
    • Jika memungkinkan, tambahkan genting kaca di kamar supaya cahaya matahari bisa masuk
    • Perbaiki ventilasi, buka jendela dan pintu setiap hari
    • Teman sebaiknya tidak membuang ludah sembarangan, harus dibuang di kloset dan disiram
    • Jika merasa gejala TB, segera periksa ke dokter

    Berikut ini artikel yang berhubungan dengan topik pertanyaan Anda:

    Pencegahan TB

    Terimakasih dan semoga membantu,

    dr. Devika Y