Tanya Dokter

  • Batuk berdahak disertai pilek namun tidak demam

  • Halo dok, saya ingin bertanya mengenai sakit yang saya derita. 2 minggu lalu saya batuk berdahak disertai pilek tapi tidak ada demam, setelah berobat ke dokter, 2 hari sakit saya sembuh. Tapi 2 minggu setelah itu batuk saya kambuh lagi. Kali ini batuk saya berdahak disertai pilek dan demam 2 hari. Namun demam nya sudah turun. Akan tetapi Kali ini tenggorokan saya sakit apabila saya batuk. Dan saat batuk, jenis batuknya berdahak namun dahak nya tidak ada untuk dikeluarkan. Terus dok, lingkungan saya banyak orang yg lagi batuk, dan banyak asap rokok, apakah ada hubungan nya dengan batuk saya dok. Terima kasih dok sebelumnya :)

    Hai Putri,terimakasih telah bertanya di alodokter. Mengenai keluhan anda,berupa batuk terus menerus dan keadaan lingkungan anda dapat mempengaruhi kondisi anda, Keluhan batuk berdahak maupun tidak berdahak umumnya dapat dijumpai karena pilek/alergi yang terjadi terus menerus (lendir jatuh ke tenggorokan/post nasal drip), infeksi paru-paru,infeksi saluran napas lain (bronkitis,bronkiolitis),serta misalnya penyakit lain seperti TBC,maupun asma,ataupun keadaan lingkungan anda yang seperti anda  sampaikan banyak asap rokok,serta jika berdebu.
    Berikut adalah indikasi kapan anda harus ke dokter:
    1. Batuk terus menerus lebih dari 1 minggu
    2. Batuk disertai dengan gejala berupa demam tinggi, nyeri dada, sesak napas, penurunan berat badan, mengi, telinga sakit,sakit kepala yang terus timbul.
    3. Batuk yang parah saat malam hari
    penanganan berikut dapat anda lakukan sementara untuk mengurangi batuk:
    1. Berkumur dengan cairan antiseptik/air garam
    2. Perbanyak istirahat dan mengonsumsi cukup air.
    3. konsumsi makanan bergizi dan multivitamin
    4. tidak kontak dengan pengidap flu dan batuk lain.
    5. Jika terdapat riwayat alergi,hendaknya anda mencegah aga =r tidak terpapar dengan alergi tersebut,dan tidak berada dalam lingkungan yang banyak debu serta asap rokok
    Untuk keluhan anda,sangat diharapkan anda berkonsultasi ke dokter spesialis penyakit dalam/ paru /dokter umum untuk mengetahui diagnosis lebih lanjut dan dilakukan pemeriksaan terkait seperti pemeriksaan alergi,xray dada ataupun pemeriksaan dahak,apalagi jika dilihat dari keluhan anda,dengan batuk yang sering hilang timbul. demikian info yang dapat diberikan,semoga bermanfaat,salam dr. Celleen