Tanya Dokter

  • Obat untuk puting lecet saat menyusui

  • Dok, istri sya sedang menyusui... 3 bulan menyusui, putingnya menjadi lecet dan belah-belah... obatnya apa ya untuk membuat putingnya sehat kembali? Karena kalau di pakai ngasi, ktanya sakit banget... obat yg aman buat puting n dd nya... biar bisa terus ngasi... soalnya di oles pake asi baik sebelum atau sesudah ngasi juga msih ttp sakit...

    Halo,   Permasalah puting lecet saat menyusui sering dialami ibu ibu muda yang baru pertama kali menyusui. Biasanya dikarenakan posisi menghisap bayi yang kurang tepat sehingga menyebabkan puting menjadi luka. Maka dari itu beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengobati dan mencegah puting menjadi lecet adalah :

    1. Pastikan posisi menyusui tepat, seluruh mulut bayi masuk dan menghisap areola (bagian hitam pada dada) bukan tonjolan putingnya saja.
    2. Kompres dingin puting yang lecet sebelum dan sesudah menyusui untuk mengurangi nyeri.
    3. Oleskan ASI pada puting.
    4. Dingin dinginkan puting dengan melepas bra dan hindari membasahi puting terlalu sering.
    5. Stop penggunaan bra yang terlalu ketat, gunakan pelindung dada yang lembut.
    6. Pemberian "salep puting serbaguna" bisa dipertimbangkan untuk digunakan jika keluhan puting lecet sangat parah. Salep puting serbaguna bisa didapatkan lewat resep dokter karena merupakan racikan dari beberapa jenis obat.
    7. Jangan berhenti menyusui.
    Semoga bermanfaat.   dr. Yusi