Tanya Dokter

  • Penyebab sulit membuka mulut lebar

  •  Salma Rahma
    Anggota
    Halo dok.. Saya mengalami kendala dengan rahang atas saya... awal nya rahang atas saya bergeser sendiri ketika saya makan atau membuka mulut lebar,dan rahang atas saya bisa kembali ke posisi semula ... tetapi sekarang saya mengalami kesulitan membuka mulut saya lebar-lebar... saya merasa tidak pas dgn rahang sebelahnya
    Salma Rahma  dr. Adhi Pasha
    Dokter

    Halo Salma,

    Rahang bawah menempel pada tulang tengkorak pada sebuah sendi yang dinamakan temporomandibular joint (TMJ), dimana jika terjadi masalah dapat menimbulkan beberapa gejala seperti nyeri pada saat membuka mulu, mengunyah, tertawa, kaku pada rahang jika membuka mulut terlalu lebar, menimbulkan bunyi pada rahang, nyeri menjalar ke telinga dan juga bengkak pada daerah sekitar sendi.

    Hal ini dapat disebabkan akibat trauma atau benturan, kebiasaan menggigit gigi, peradangan, ataupun kondisi medis lain seperti rematoid artritis ataupun stres. Untuk itu perlu dilakukan pemeriksaan pada dokter atau dokter gigi untuk dilakukan pemeriksaan letak sendi dan jgua letak gigi geligi apakah berada pada lokasi yang baik. Dokter gigi nantinya akan membantu mengembalikan posisi gigi geligi dan rahang kembali ke posisi semula dengan pembuatan retainer atau pelindung gigi untuk memperbaiki posisi ggi saat mengatup dan TMJ dapat berada pada posisi yang baik.

    Upayakan untuk menghindari tertawa, membuka mulut atau menguap dengan membuka mulut terlalu lebar, mengonsumsi makanan yang lembut, mengompres bagian yang nyeri dengan kompres dinign atau hangat, ataupun mengonsumsi obat pereda nyeri seperti paracetamol atau ibupropen jika diperlukan.

    Semoga bermanfaat,

    dr. Adhi P.