Tanya Dokter

  • Pengobatan ruam popok

  •  Poejay Ajah
    Anggota

    Pagi Dok Saya mau bertanya anakbsaya umur 1,5thn mengalami bintil merah di bagian bokong aealnya hanya kecil dan sekarang agak melebar,kalau ingin menggunakan salep kira kira saleb apa ya dok yang cocok untuk anak saya?

    Terima kasih dok

    Halo Bintil-bintil merah pada daerah pantat anak yang mengikuti alur popok memang sebagian besar merupakan suatu Dermatitis popok (ruam popok). Kondisi ini biasanya disebabkan karena iritasi dengan bahan dari popok, atau kontak dengan urin/feses bayi yang jarang dibersihkan. Meskipun tidak berbahaya, ruam popok ini akan menyebabkan anak rewel karena risih/nyeri pada daerah ruam sehingga harus ditangani dengan baik. Sebelum membawa anak ke dokter, beberapa tips sederhana yang dapat dilakukan untuk menanganani ruam popok antara lain:

    • Hindari penggunaan popok sekali pakai (disposable) karena biasanya popok jenis ini mudah mengiritasi kulit anak.
    • Apabila anak terpaksa harus memakai popok sekali pakai usahakan untuk menggantinya paling lama setiap 4 jam.
    • Popok kain harus dicuci dengan bersih. Usahakan untuk tidak menyisakan sabun/deterjen pada popok sehabis dicuci.
    • Bersihkan ruam popok dengan air besih hangat, lalu keringkan dengan kassa atau kapas bayi. Hati-hati dalam menggunakan tisu basah yang mengandung alkohol.
    • Salep yang mengandung zink dapat Anda berikan pada daerah ruam. Salep mengandung zink ini membantu memperbaiki kondisi kulit yang rusak
    Biasanya dengan tips-tips di atas ruam popok pada anak akan berkurang dalam 2-3 hari. Jika ruamnya menetap atau malah bertambah banyak maka segera ke dokter guna pemeriksaan lebih lanjut. Bisa saja ternyata ruam yang ada bukan ruam popok, tapi kondisi lain yang mirip misanya infeksi jamur. Penanganan terbaik nantinya akan disesuaikan oleh dokter dengan penyebab yang ditemukan. Semoga bermanfaat dr. Muhammad Fadhil