Tanya Dokter

  • Pengobatan demam disertai sakit kepala sebelah kiri

  •  untari
    Anggota
    Dok saya mau tanya mengenai sakit Ibu saya. Gejalanya tensinya 150/80, demam sudah 4hari, tenggorokan sakit, gusi sakit, lidah putih,kadang2 kepalanya sakit disebelah kiri Itu gimana ya dok menurut dokter??

    Halo untari.......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Sebenarnya yang harus lebih kita fokuskan adalah demam yang ibu Anda alami, dimana dalam bahasa medis disebut sebagai Febris. Demam sendiri paling sering muncul karena dipicu oleh daya tahan tubuh yang sedang melakukan perlawanan terhadap mikrorganisme yang masuk ke dalam tubuh seperti virus, bakteri, jamur, parasit.

    Gejala - gejala yang ibu Anda alami ( seperti : tekanan darah yang Meninggi, tenggorokan sakit, Gusi sakit, kepala sakit, dan lain sebagainya ) sebenarnya merupakan suatu gejala ikutan dari kondisi demam yang terjadi. Seseorang dikatakan demam jika suhu tubuhnya melebihi 37, 5 ° Celcius.

    Berikut ini beberapa hal yang dapat menimbulkan kondisi demam, diantaranya adalah : radang pada tenggorokan, demam berdarah, Peradangan pada Amandel, demam tifoid, infeksi saluran pencernaan, malaria, infeksi saluran kemih, Tuberkulosis atau TBC, dehidrasi, kanker, dan lain sebagainya.

    Jika demam yang dirasakan ibu Anda sampai saat ini masih saja terjadi, sehingga demam akhirnya terhitung lebih dari tiga hari, maka kami menyarankan segeralah menemui dokter spesialis penyakit dalam atau mengunjungi Rumah Sakit, dan mendiskusikan masalah ini, agar ibu Anda dapat dilakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut khususnya pemeriksaan darah, sehingga penanganan yang tepat akhirnya dapat diberikan sesuai dengan penyebab pasti yang nantinya diketahui.

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    Dr. Jati