Tanya Dokter

  • apa obat untuk nyeri di perut?

  •  fitri santoso
    Anggota

    hai dok saya beberapa bulan ini sering mengalami diare bahkan dibarengi muntah. sudah 6 kali diare dok.sekarang kondisi perut saya selalu sakit dan nyeri apalagi jika mau buang air kecil/besar. saya sudah konsultasi ke dokter katanya saya radang usus dan radang lambung sudah 2 kali pemeriksaan dan obat setelah pemeriksaan yg ke dua sudah habis namun rasa nyeri diperut belum hilang cuma diarenya saja yg sudah berhenti. saya mau tanya obat yang bagus untuk sakit saya apa ya dok? mohon bantuanya

    Hai Fitri, Nyeri di perut dapat dibagi 2 yaitu: 1. Nyeri kolik yang dirasakan akibat adanya sumbatan di organ yang memiliki saluran di dalam perut seperti saluran kencing dan usus. Nyeri dirasakan hilang timbul. Nyeri kolik dapat disebabkan oleh:

    • Kolik ureter akibat adanya sumbatan di saluran kencing seperti baru
    • Kolik usus akibat adanya sumbatan di usus
    • Kolik bilier yaitu akibat adanya sumbatan di kantung empedu seperti batu empedu
    2. Nyeri radang yaitu nyeri yang terjadi akibat adanya peradangan atau infeksi yang terjadi di organ-organ yang berada di dalam perut. Nyeri akan dirasakan seperti ditusuk-tusuk atau seperti terbakar dan terus menerus. Nyeri radang dapat disebabkan oleh: Pengobata yang diberikan akan sangat berhubungan dengan penyebab dari nyeri yang dialami. Sehingga untuk pemberian obat-obatan harus didasarkan pada pemeriksaan yang terarah. Jika sudah ditemukan penyebab pasti dari keluhan anda maka dapat diberikan pengobatan yang tepat. Anda sebaiknya tetap berkonsultsi dengan dokter agar dokter dapat melihat perkembangan dari penyakit anda. Mungkin dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan tambahan seperti USG dan endoskopi (memasukkan kamera ke dalam saluran pencernaan) untuk melihat keadaan seluruh saluran pencernaan sehingga dapat ditemukan apakah penyebab dari keluhan yang anda alami. Sebelum anda ke dokter, untuk meringankan rasa nyeri anda dapat mengkonsumsi oba pereda nyeri seperti yang banya dijual di pasaran (paracetamol). Anda dapat melakukan tips di bawah ini:
    • Makan teratur
    • Hindari mengkonumsi makanan yang pedas dan asam
    • Konsumsi air mineral minimal 2 liter dalm 1 hari
    • Hindari mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein dan alkohol
    Anda dapat membaca artikel di bawah ini: Radang usus Semoga membantu dr. Yosephine U L Simanungkalit