Tanya Dokter

  • Apa obat untuk sakit pada persendian lutut

  •  Yusron Anwari
    Anggota
    Hallo dok, Sebelumnya saya bermain futsal setelah itu saya merasakan nyeri pada bagian sendi lutut, padahal sudah saya pijitkan , udah dapat seminggu lebih masih terasa nyerinya . selain itu saya juga sering mandi malam hari, apakah mungkin itu salah satu pemicunya dok? Mohon penjelasannya,, terima kasih.

    Halo Yusron.......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Kondisi yang Anda alami saat ini dengan keluhan utama berupa timbulnya rasa sakit pada lutut, dimana sebelumnya terdapat riwayat berolahraga, kemungkinan mengarah ke suatu cedera lutut.

    Perlu Anda ketahui, cedera lutut dapat menerpa salah satu bagian dari struktur penyusun lutut, antara lain ligamen, tulang rawan, dan tulang keras. Beberapa cedera yang menimpa lutut sering sekali didapatkan saat berolahraga. Bagian yang paling sering terkena adalah anterior cruciate ligament.

    Ketika lutut mengalami cedera, bisa menimbulkan rasa nyeri, memar, atau bengkak. Ketiga hal tersebut bisa diderita selang beberapa menit setelah seseorang mengalami cedera lutut. Terjepitnya jaringan saraf atau rusaknya adalah dua kondisi yang umumnya terjadi dan menjadi penyebab rasa sakit.

    Oleh karena hal ini sudah Anda alami selama kurang lebih satu minggu, maka kami menyarankan segeralah menemui dokter spesialis ortopedi / tulang, dan mendiskusikan masalah ini, agar Anda dapat dilakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut.

    Beberapa pemeriksaan yang kemungkinan akan dilakukan oleh dokter terkait masalah yang Anda alami, diantaranya meliputi : pemeriksaan fisik khususnya bagian lutut, rontgen, dll., sehingga akhirnya penanganan yang tepat dapat diberikan sesuai dengan penyebab pasti nantinya diketahui.

    Tips untuk Anda : ikutilah saran dan pengobatan dari dokter yang Anda temui nantinya, jangan menggunakan sendi lutut karena dengan mengIstirahatkan sendi dapat memberikan dampak baik untuk mengurangi rasa sakit, berbaringlah dengan posisi lutut berada di atas tubuh.

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    Dr. Jati