Tanya Dokter

  • Nyeri pada dada sebelah kanan

  • Selamat siang dok saya itu sering sakit"an di bagian tulang rusuk bawah bagian kanan dok.. Biasanya juga sya nggx bisa bernafas klok itu kambuh dok rasa nya sperti di tusuk"makek jarum dok sakit nya. Itu nama nya skit apa dok
    Thachalyie Athia Achmad  dr. Irvandi
    Dokter

    Halo Thachalyie Athia Achmad,

     

    Nyeri pada bagian dada sebelah kanan dapat disebabkan karena adanya gangguan pada penyusun rongga dada seperti tulang dan otot ataupun karena beberapa organ sekitar rongga dada bagian kanan.

     

    Beberapa penyebab dari nyeri dada diantaranya costochondritis, kekakuan (spasme) pada otot rongga dada, batu pada kandung empedu, riwayat trauma pada rongga dada, atau TB.  Untuk mengatasi nyeri dada yang ringan anda dapat mengkonsumsi obat paracetamol untuk meredakan nyeri dada namun ada baiknya apabila nyeri dada yang dialami disertai dengan batuk, semakin memberat, sesak, atau tidak membaik dengan pengobatan pereda nyeri sebaiknya lakukanlah konsultasi dengan dokter untuk melakukan pemeriksaan baik pemeriksaan fisik atau pemeriksaan penunjang apabila diperlukan seperti pemeriksaan darah atau pemeriksaan Roentgen untuk memastikan penyebab nyeri dada yang anda alami sehingga dapat diberikan pengobatan untuk mengatasi keluhan. 

     

    Sementara itu, anda diharapkan untuk beristirahat dengan cukup dan berolahraga dengan rutin. Anda juga disarankan untuk tidak merokok dan mengkonsumsi minuman beralkohol. 

     

    Semoga informasi ini bermanfaat.

     

    Salam,

     

    dr. Irvandi