Tanya Dokter

  • apa obat untuk sakit perut bagian bawah?

  •  Fitri Amalia
    Anggota

    Sejak waktu tu (saat saya minum obat ctm karena waktu itu alergi gatal" saya lagi kambuh,saya lupa setelah minum obat tidak boleh minum soda.akhirnya saya berobat ke dokter umum,setelah seminggu nyeri lambung dan perut kembungnya langsung hilang.tapi sakit dibagian perut bawah masih terasa) sampai sekarang sakit di bagian perut bawah tidak hilang"..... Terasanya saat saya duduk diatas kursi pendek (kursi kecil),tidur tengkurap,tidur menyamping,buang air besar dan buang air kecil.sakitnya itu terasa sampai kaki (paha) kanan. Kira" itu penyakit apa dan apa obatnya? Sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terimakasih y,dok.

    Hai, Mencari penyebab nyeri di perut bagian bawah pada seorang wanita terkadang tidak mudah, karena di panggul wanita juga terdapat organ reproduksi (yaitu rahim) selain hanya usus-usus dan saluran kemih. Berikut kemungkinan penyebab nyeri perut bawah yang mungkin Anda alami:

    Oleh karena banyaknya kemungkinan diagnosis yang mungkin Anda alami, kami menganjurkan Anda untuk memeriksakan diri pada Dokter Anda / Dokter Spesialis Kandungan dan Kebidanan (Sp. OG) agar Anda dapat memperoleh pemeriksaan lebih lanjut. Adapun kemungkinan pemeriksaan yang diberikan meliputi: pemeriksaan fisik, pemeriksaan urin, pemeriksaan darah dan USG bila dirasa perlu. Setelah penyebabnya ditemukan, barulah penanganan yang sesuai akan mengikuti. Untuk sementara waktu, Anda dapat mencoba beberapa tips berikut:
    • Kompres hangat perut Anda bila mulai terasa nyeri
    • Minum obat pereda nyeri seperti parasetamol
    • Perbanyak asupan buah dan sayuran
    • Istirahatlah secara cukup setiap harinya dan kelola stress dengan baik
    • Minum air secara cukup, setidaknya 8 gelas per hari atau setiap kali Anda haus
    Artikel ini mungkin bisa membantu: Kenapa Bisa Nyeri Perut Bawah? Sekian, semoga bermanfaat. dr. Radius Kusuma

    Fitri Amalia  Fitri Amalia
    Anggota

    sakitnya sih hilang trs muncul lg, tiap bulannya selalu seperti itu. dulu saya memang ada penyakit kista ovarium, tp sudah di operasi waktu dulu sudah ada berapa tahun ya, kira" tahun 2007 atw 2008 gitu. saya lupa lg, setelah operasi jarang banget penyakit saya kambuh lagi dan dulu pun tidak ada gejala, tau" sudah besar kistanya dan saya udah ngga bisa nahan lagi. tiba" perut saya sakit banget sampai kayak mau pingsan. setelah dicek awalnya dokter bilang kalau saya kena usus buntu, setelah operasi usus buntu perut saya masih sakit, bahkan lebih sakit lagi. akhirnya saya masuk RS lg tuk d cek lbh jauh lg pk alat yg d masukin k dubur krn waktu tu saya belum nikah, stlh hasilnya keluar ternyta saya kena kista. tapi waktu tu masih blm bs d tentukan endometriosis atw bukan... krn waktu itu perut saya pernah kebentur saat jatuh dr motor. tapi setelah diteliti lagi setelah operasi dokter menyatakan kalau saya kena kista ovarium bukan endometriosis. menurut dokter apa kista saya sekarang kambuh lagi? padahal sudah dioperasi diangkat.

    Hai, Kista ovarium memang dapat kambuh kembali; jadi, operasi pengangkatan kista tidak menjamin bahwa kista tidak akan tumbuh lagi. Kecuali, apabila kedua ovarium sudah diangkat, barulah kista tidak bisa muncul lagi -- namun untuk usia muda dan belum menikah, tindakan demikian tampaknya disisihkan menjadi jalan terakhir apabila sudah tidak ada cara lain lagi. Selain itu, seperti yang telah saya jelaskan sebelumnya, nyeri perut bawah seorang wanita bisa disebabkan oleh banyak hal -- tak jarang bisa muncul dugaan keliru mengenai penyebab nyeri tersebut, seperti yang telah Anda alami mengenai diagnosis usus buntu yang ternyata disebabkan oleh kista. Diskusikanlah ini dengan Dokter / Ahli Kandungan Anda. Sementara waktu, pengobatan menggunakan obat-obatan anti nyeri, obat hormonal dan pemantauan berkala (mis. 1-3 bulan sekali) mungkin akan dianjurkan oleh Dokter. Jika dirasa perlu, operasi ulang mungkin akan dianjurkan. Sekian, semoga bermanfaat. dr. Radius Kusuma