Tanya Dokter

  • Dada sakit dan sesak napas kalau menulis terlalu lama

  • dok saya mau tanya. saya kan sebagai pelajar kan sering kali untuk menulis, kenapa dok kok kalau digunakan untuk menulis terlalu lama dan terlalu cepat itu dada saya kok sakit dan sering merasa sesak nafas, tolong dok beri solusinya?

    Hi Rizal, Jika keluhan yang Anda alami muncul di saat sedang melakukan aktivitas menulis, mungkin saja hal ini dapat disebabkan karena adanya regangan pada otot-otot di sekitar dada kamu. Otot-otot yang meregang mengalami kontraksi sehingga terasa nyeri saat menarik napas sehingga seseorang cenderung menahan diri untuk menarik napas panjang yang berakibat keluhan seperti sesak napas. Jika kamu khawatir ada baiknya untuk memeriksakan diri ke dokter paru untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Dokter akan melakukan pemeriksaan untuk memastikan apakah keluhan yang kamu alami memang berasal dari otot ataukah ada penyebab lain misalnya di paru. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang seperti cek darah, foto rontgent, dan pemeriksaan spirometri. Untuk meminimalisir terjadinya keluhan yang kamu alami, disarankan untuk :

    • Menulis secara perlahan
    • Kelola panik/stress kamu dengan baik
    • Mengoleskan balsam di sekitar area yang nyeri
    Silahkan baca topik berikut yang memiliki keluhan hampir serupa dengan kamu Penyebab gangguan pernapasan Semoga membantu, dr. Tri