Tanya Dokter

  • Obat untuk mengatasi skabies yang sudah menahun

  •  eliner
    Anggota

    Halo dokter, anak saya 22 th mahasiswa, punya scabies sejak umur 5 th... pernah diobati dokter kulit dg scabicid.. meningkat scabimate, sembuh setelah 2 tube..

    tapi begitu rentan kulitnya kambuh lagi, walau sudah berusaha bersih semua pakaian diseduh air panas. tidak ada anggota keluarga yg mengidap selain dia,walau sekarang tidak parah, tapi kulitnya tidak bersih dan kurang PD. apakah benar scabies? ayah mertua ada riwayat alergi/asma, adakah kaitannya ? apa obatnya yang aman dan tidak kambuh lagi? terimakasih 

     

    eliner  dr. Budiono
    Dokter

    Hai Eliner,

    Scabies (kudis) merupakan penyakit kulit akibat infeksi tungau Sarcoptes scabiei. Tungau ini umumnya menyerang kulit tubuh yang relatif tipis sehingga seringkali mengenai sela jari ataupun sela bokong dan umumnya lebih aktif pada malam hari sehingga seringkali menimbulkan gatal malam hari. Diagnosis kondisi ini dipastikan dengan ditemukanya tungau tersebut pada bagian tubuh yang diduga terserang tungau ini.

    Bila Anda sudah mendapat penanganan dokter dan keluhan Anda masih menetap (bahkan menahun) maka sebaiknya Anda memeriksakan diri Anda kembali kedokter agar mendapat penanganan lebih lanjut karena dapat saja kondisi yang sekarang Anda alami berbeda dengan waktu Anda diperiksakan dulu. Selain skabies, keluhan tersebut juga dapat disebabkan oleh infeksi jamur, eksim ataupun prurigo. Agar mendapat penanganan yang optimal, saya sarankan agar Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit (Sp.KK).

    Adapun pemeriksaan yang dapat dianjurkan dokter adalah pemeriksaan tinta, pemeriksaan kertas, tes terowongan (tunnel test) ataupun biopsi kulit. Bila memang kondisi Anda disebabkan oleh skabies maka dokter dapat meresepkan obat dengan kandungan permetrin ataupun sulfur. Tanyakanlah dengan dokter mengenai kelebihan dan kekurangan obat-obatan yang digunakan agar dapat menentukan pengobatan yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

    Berikut anjuran untuk Anda :

    • Jagalah kebersihan tubuh Anda secara umum
    • Mandi dan gantilah pakaian Anda minimal 2x sehari atau bila berkeringat
    • Hindari kondisi yang dapat mencetuskan keluhan Anda
    • Sebisa mungkin hindari menggaruk atau menggosok bagian tubuh yang terasa gatal
    • Segera periksakan diri Anda kedokter bila keluhan menetap atau memburuk

    Berikut artikel terkait pertanyaan Anda : Skabies

    Semoga bermanfaat,

    dr. Budiono