Tanya Dokter

  • apa obat untuk sinusitis?

  •  Meryana Thea
    Anggota

    siang dok...

    sudah 5bulan ni,,saya slalu mengalami penyumbatan di pernafasan (pilek )yg intensitasnya sering bgt..saya akan langsung bersin2 tiada henti sampe2 klopak mata terasa sakit dan mata slalu berair.klu saya mencium masakan yg pedas..suhu terlalu dingin, dan bila ada debu yg terhirup..saya dh berobat kedokter,,dan kata dokter saya mengalami sinusitis dari dokter saya diberi obat 3mcm (FENRAMIN,BINTAMOX,FLUTAMOL).ya sich..3obt itu mampu menghintakan dan menyenbuhkan flu yg saya alami,,tapi,,sayang cuma sementara,,esok dan lusa kemudian flu saya kambuh lagi..dan untuk mengatasinya saya slalu mengkonsumsi obt yg sama..tapi...pertanyaan nya apakah obt tsb, baik klu dikonsumsi dlm jangka panjang...?dan klu boleh saya adakah obt yg bisa menghentikan flu yg saya alami setidaknya dlm kurun yg lebbih lama..atau apakah saya perlu dan harus cek ke THT...?

    terimakasih,,,,,

    Hai, Keluhan yang Anda alami kemungkinan merupakan suatu rhinitis alergi, yaitu peradangan pada hidung akibat reaksi alergi. Gejala khas pada rhinitis alergi adalah bersin-bersin berulang kali, pilek, hidung tersumbat, hidung gatal, batuk-batuk, mata gatal dan berair, dan sebagainya. Keluhan ini umumnya muncul setiap pagi hari dan membaik pada siang atau sore harinya. Rhinitis alergi yang berlangsung terus-menerus dalam jangka waktu lama dapat memicu terjadinya sinusitis, yaitu peradangan pada dinding sinus (rongga pada tulang wajah) akibat infeksi oleh bakteri. Penanganan rhinitis alergi adalah dengan menghindari paparan alergen (zat yang memicu timbulnya alergi) serta pemberian obat antihistamin, dekongestan, dan kortikosteroid. Obat yang Anda konsumsi mengandung antibiotik, oleh sebab itu sebaiknya Anda tidak mengonsumsi obat sendiri tanpa petunjuk dokter setiap kali gejala muncul, karena tidak setiap kasus memerlukan pengobatan antibiotik. Berikut anjuran yang dapat dilakukan:

    • Tidur dan istirahat yang cukup
    • Makan secara teratur dengan gizi seimbang untuk menjaga daya tahan tubuh
    • Minum banyak air putih
    • Berkumur dengan air hangat yang diberi sedikit garam akan membantu meredakan hidung tersumbat
    • Mandi dengan air hangat dapat membantu melegakan pernafasan
    • Menghirup uap panas (tempatkan air dalam baskom, beri sedikit minyak kayu putih, lalu hirup uapnya)
    • Berolahraga secara teratur dapat menurunkan reaksi alergi
    • Kenali alergen yang memicu timbulnya alergi (udara dingin, debu dll) dan menghindarinya
    • Kenakan masker setiap kali berpergian ke luar rumah
    • Kelola stres dengan bijak
    Rhinitis alergi tidak dapat disembuhkan namun gejalanya dapat dikontrol dengan pola hidup yang baik dan pengobatan yang tepat. Jika keluhan terus berlanjut sebaiknya Anda kembali berkonsultasi dengan dokter THT untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan jika diperlukan akan menganjurkan pemeriksaan penunjang seperti tes kulit dan tes darah untuk mengetahui jenis alergi yang dialami, serta X-Ray dan CT Scan untuk menilai kondisi hidung dan sinus. Penanganan yang tepat akan diberikan sesuai kondisi. Baca laman artikel berikut: Rhinitis alergi Alergi dapat memicu sinusitis Meminimalkan reaksi alergi debu Demikian semoga bermanfaat. Salam, dr. Muliani Sukiman