Tanya Dokter

  • Penanganan telinga tersumbat dan berair

  • Sekitar 3 bulan yg lalu telinga saya sakit dan sdikit tuli, setelah saya priksa kedokter kata dokter ada kotoran yg beku didalam sperti mengkristal, lalu dikasih obat tetea otopain sakitnya sudah gk terlalu, tpi telinga masih kyak ketutup.. sekarang telinga saya malah sering gatal dan berair. Sebenarnya apa yg terjadi dg telinga saya dok? Dan apa obat yg tepat untuk keluhan saya. Terimakasih

    Halo Astry......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Sekedar informasi untuk Anda, salah satu dampak dari kotoran telinga kering menumpuk adalah rasa ketidaknyamanan pada telinga. Kondisi ini dapat menimbulkan gejala seperti adanya benda asing yang berada di dalam telinga, telinga terasa penuh dan ada yang mengganjal, timbul rasa sakit, gangguan pendengaran sementara, terjadi infeksi dan iritasi, dan lain sebagainya.

    Untuk membuat kotoran telinga yang kering lebih mudah dikeluarkan, dokter kemungkinan akan memerikan obat Tetes telinga. Obat ini umumnya mengandung minyak mineral, karbamid peroksida, hidrogen peroksida atau gliserin yang berfungsi untuk melunakkan kotoran telinga sehingga lebih mudah dikeluarkan.

    Akan tetapi jika dengan menggunakan obat Tetes, keluhan masih saja terasa, maka kami menyarankan kembali menemui dokter spesialis penyakit THT ( telinga - hidung - tenggorokan ), agar dapat dilakukan langkah langkah penanganan lebih lanjut seperti membilas telinga dengan memasukkan air ke dalam telinga menggunakan tabung suntikan tanpa jarum, dengan tujuan untuk membilas kotoran dengan dorongan air dan membiarkan kotoran ikut mengalir bersama air keluar dari telinga.

    Klik artikel di bawah ini yang sesuai dengan pertanyaan Anda :

    MEMBERSIHKAN TELINGA

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    @dr.jati