Tanya Dokter

  • Obat untuk mencegah tifus kambuh

  •  Alex Putra
    Anggota

    dok sy mau tanya, kenapa sy sudah 5 th terakhir sering kena tifus bahkan dlm 5 th sy sdah 8 kali kena tifus, kenapa dok sy sering kena tifu dan obat ny apa biar tifus gak kbuh lagi,apa ada vaksin sontikany? karna sy pernah minta obat atau suntikan sma dokter sy hanya dikasi obat untuk lambung sy obatny tdak thu namany hanya seperti promag kalo di minum dan setelah gak sampe 1 th sy kena tifus lagi, kalo begini sy hrs bagai mn do?

    Halo, Tifus adalah suatu penyakit dengan gejala utama demam yang disebabkan oleh bakteri Salmonella typhii. Secara umum penyakit ini menular lewat makanan dan air yang terkontaminasi bakteri S. typhii. Lebih lanjut tentang penyakit tifus. Saat ini sudah tersedia vaksinasi tifoid, yang berbentuk vaksin oral (belum ada di Indonesia) dan vaksin parenteral atau suntik. Indikasi untuk vaksinasi tifoid Vaksinasi tifoid diberikan tergantung pada faktor risiko yang berkaitan, yaitu orang atau kelompok berikut:

    • Orang yang berkunjung ke daerah endemik tifoid, dan orang yang kontak erat dengan pengidap tifoid karier (pembawa)
    • Kelompok, misalanya anak usia sekolah di daerah endemik, petugas rumah sakit, laboratorium kesehatan.
    Vaksinasi tifoid memiliki keberhasilan proteksi sekitar 51-88%. Walaupun tidak mencapai keberhasilan proteksi 100%, tetapi vaksinasi tifoid ini terbukti cukup efektif untuk mencegah infeksi tifus. Untuk mencegah infeksi tifus yang berulang, Anda dapat melakukan pola hidup bersih dan sehat, yaitu:
    • Makan makanan yang bergizi
    • Menjaga kebersihan makanan dan minuman
    • Istirahat cukup
    Lebih lanjut tentang tindakan pencegahan tifus. Apabila muncul keluhan yang menyerupai gejala tifus yang dirasakan, mohon untuk menghubungi dokter terdekat. Hal ini terutama dilakukan jika demam tinggi, kesulitan makan seperti mual muntah, maupun gangguan buang air besar yang mengganggu (seperti diare). Dokter akan melakukan pemeriksaan, kemudian menentukan penanganan yang sesuai dengan kondisi penderita.   Semoga membantu, dr. Agatha

    Thanks dok atas sarannya....selamat bertugas dalam melayani masyarakat... Tuhan akan membalas semua kebaikan dokter.....