Tanya Dokter

  • Penanganan tepat atasi gatal pada tubuh

  •  Dea Pratiwi
    Anggota
    Cara menghilangkan gatel gatel
    Dea Pratiwi  dr. Irvandi
    Dokter

    Halo Dea Pratiwi,

     

    Gatal adalah reaksi yang normal terjadi pada tubuh saat adanya partikel asing yang menempel pada permukaan kulit dan menyebabkan reaksi peradangan pada permukaan kulit. Rasa atau sensasi gatal umumnya disebabkan karena beberapa kemungkinan penyebab diataranya :

     

     

    Umumnya rasa gatal akan hilang dalam beberapa detik tanpa adanya perlakuan khusus namun pada keadaan terjadinya infeksi atau adanya iritasi terus menerus pada kulit, rasa gatal dapat menetap. Pada rasa gatal yang menetap dan mengganggu dalam beraktivitas lakukanlah konsultasi dengan dokter untuk mengetahui penyebab dari rasa gatal yang kerap muncul dan mengganggu sehingga dengan pemeriksaan fisik dan penunjang apabila diperlukan seperti pemeriksaan darah atau kerokan pada kulit dapat diketahui penyebab dari rasa gatal yang kerap muncul dan diberikan pengobatan untuk mengatasi keluhan.

     

    Sementara itu, anda diharapkan untuk tidak menggaruk area yang gatal dengan terlalu keras untuk menghindari terjadinya infeksi pada area yang gatal, kompres bagian yang gatal dengan menggunakan air dingin atau dengan membubuhkan bedak yang mengandung bahan mint untuk meredakan rasa gatal. Apabila penyebab gatal adalah alergi, anda diharapkan menghindari paparan zat penyebab alergi untuk menghindari rasa gatal.

     

    Semoga informasi ini bermanfaat.

     

    Salam,

     

    dr. Irvandi