Tanya Dokter

  • apa obat untuk vitiligo?

  • Dokter, saya terkena vitiligo di are bagian bawah kedua mata. Saya terkena mulai usia 5 tahun. Dan sekarang usia saya sudah 20 tahun. Saya sudah pernah berobat ke dokter kulit mulai usia 12 tahun tapi tidak menimbulkan efek. Mohon jawaban nya dokter. Saya minder dengan penampilan saya. Terimakasih dokter.

    Hai,   Tidak ada obat untuk menghentikan proses berlangsungnya vitiligo dan menyembuhkannya. Pengobatan yang ada bertujuan memperbaiki warna kulit pada penderita vitiligo. Pada vitiligo pengobatan membutuhkan waktu bulanan untuk melihat keefektifan dari sebuah obat yang digunakan, bahkan bisa saja penderita mencoba berbagai jenis pengobatan dalam mencari pengobatan yang memberikan efek terbaik pada kulit mereka. Beberapa jenis pengobatan yang bisa dilakukan antara lain adalah :

    1. pemakaian bahan kosmetik = krim tanning dan make up (foundation dll)
    2. obat-obatan topial = kortikosteroid. pilihan ini lebih cocok untuk wajah, spot vitiligo yang kecil, dan orang dengan dasar kulit gelap, memiliki efek samping untuk penggunaan jangka panjang
    3. Terapi sinar PUVA dan kombinasi obat – kombinasi sinar UVA dan obat psoralen, cocok untuk badan dan wajah, butuh waktu lama.
    4. Operasi = cangkok kulit, cocok untuk daerah spot vitiligo yang kecil.
    5. terapi dengan cahaya = membutuhkan waktu lama dan konsistensi dalam menjalani pengobatan, cocok untuk wajah, bercak vitiligo bisa kembali seperti semula jka terapi dihentikan. Terdiri dari dua jenis yaitu :
    • light box, untuk daerah vitiligo yang luas
    • laser, untuk daerah vitiligo yang kecil.
    Konsultasikan pada dokter Anda pilihan terbaik untuk kasus Anda dan jangan pantang mneyerah sampai Anda menemukan terapi terbaik untuk kasus Anda.   Semoga membantu.   dr. Yusi