Tanya Dokter

  • Pengobatan wajah berjerawat batu

  •  Bendra Irawan
    Anggota
    Saya mempunyai wajah yang jerawatan tapi bukan yang merah besar bernanah, tapi jerawat kecil batu dan banyak. Apa yang saya lakukan untuk menghilangkannya?
    Bendra Irawan  dr. Adhi Pasha
    Dokter

    Halo Bendra,

    Jerawat merupakan masalah yang dapat terjadi pada siapa saja dan pada usia terbanyak adalah di usia puber. Jerawat sendiri bermacam-macam jenisnya, jerawat timbul ketika pori-pori wajah tersumbat dengan sel-sel kulit mati yang membuat bakteri ikut masuk kedalamnya. Jerawat batu sendiri terjadi ketika infeksi masuk jauh kedalam kulit wajah.

    Penanganan jerawat batu sendiri adalah dengan memeriksakan diri pada dokter ahli kulit atau dokter kecantikan karena jerawat batu tidak bisa dituntaskan dengan obat yang dijual bebas di pasaran. Dokter nantinya selain akan memberikan pengobatan juga akan melakukan tindakan medis jika diperlukan. Beberapa obat yang dapat membantu mengatasi jerawat batu diantaranya seperti antibiotik, krim isotretinoin, spironolactone atau obat oleh yang mengandung retinoid dimana obat-obat ini memerlukan resep dokter.

    Selain dengan pengobatan, beberapa upaya yang dapat dilakukan untuk menyingkirkan dan menghindari tumbuhnya jerawat batu diantaranya seperti:

    • Cukup beristirahat
    • Menjaga kebersihan kulit dengan rutin mencuci muka dua kali sehari dengan sabun khusus wajah yang ringan dan menggunakan air hangat
    • Menghindari stres atau mengelola stres dengan baik
    • Hindari menggunakan produk wajah yang mengandung minyak karena dapat memperparah jerawat
    • Hindari memencet atau menyentuh jerawat karena dapat menimbulkan iritasi dan infeksi

    Baca juga artikel mengenai komedo.

    Semoga bermanfaat,

    dr. Adhi P.