Tanya Dokter

  • apa obat untuk wajah terkelupas karena terkena percikan minyak goreng ?

  •  Lisa Monica
    Anggota

    malam dok . 3 hari yang lalu saat menggoreng ikan, wajah saya terkena percikan minyak goreng panas . beberapa saat setelah saya basuh dengan air mengalir, tiba-tiba wajah saya mengelupas dan timbul bekas luka . kira-kira apa obat untuk wajah yang terkelupas ? minta sarannya dok . .

    Lisa Monica  Lisa Monica
    Anggota

    Lisa Monica August 20, 2015 at 10:15 pm malam dok . 3 hari yang lalu saat menggoreng ikan, wajah saya terkena percikan minyak goreng panas . beberapa saat setelah saya basuh dengan air mengalir, tiba-tiba wajah saya mengelupas dan timbul bekas luka . kira-kira apa obat untuk wajah yang terkelupas ? minta sarannya dok . .
     

    Lisa Monica  dr. Rico N
    Dokter

    Halo Lisa, Penangana pertama yang kamu lakukan sudah tepat. Pada kasus luka bakar, penanganan awalnya adalah dengan menmbilasnya dengan air mengalir dengan tujuan untuk segera mendinginkan dan mencegah kerusakan jaringan lebih lanjut akibat panas yang teretensi/tertahan di jaringan tersebut. Luka bakar terdiri dari beberapa derajat, umumnya jika terjadi pengelupasan kulit maka luka bakar tersebut termasuk luka bakar derajat 2. Pada kasus seperti ini, dan jika luka bakar tidak terlalu luas, dapat digunakan beberapa preparat seeprti :

    • Gel yang mengandung antibiotika dan pelembab seperti ekstrak aloevera atau perangsang pertumbuhan jaringan, misalnya preparat yang mengandung neomicin dan ekstrak plasenta
    • Silversulfasalazin
    • MEBO
    • Nyeri dapaat dikurangi dengan menggunakan parasetamol atau ibuprofen
    Akan tetapi ada baiknya mengunjungi dokter terlebih dahulu, untuk dinilai derajat luka bakarnya dan memilihkan obat yang paling tepat untuk kondisi tersebut. Jika ada bula / gelembung berisi cairan dokter akan mengeluarkan cairan tersebut. luka bakar demikian yang dapat saya sampaiakan, semoga bermanfaat.