Tanya Dokter

  • gatal-gatal hingga muncul bercak merah setelah minum obat nyeri sendi

  •  Angela Sie
    Anggota

    Saya menderita jari jari, persendian tangan kaku dan nyeri. Tulang bahu nyeri, sehingga tangan tidak bisa diangkat ke atas.

    Saya diberi obat 3 macam :

    1. Arcoxia 60 mg

    2. Epsonal

    3. Alupurinol 100 mg

    Setelah saya minum, 30 menit kemudian seluruh badan saya gatal-gatal dan timbul bercak bercak merah.

    Setelah itu saya minum incidal

    Saya tidak berani meneruskan minum obat nya. Obat manakah yang bisa menyebabkan timbulnya gatal tersebut ?

    Terima kasih

    Halo Angela, Reaksi alergi muncul akibat reaksi sistem kekebalan tubuh yang salah mendeteksi suatu hal (misalnya debu, serbuk sari, kandungan obat) sebagai ancaman bagi tubuh. Reaksi ini memunculkan gejala-gejala yang bervariasi mulai dari yang ringan seperti ruam merah pada kulit yang terasa gatal, bersin, hidung berair, mata berair, mata bengkak, bibir bengkak, sampai yang lebih berat seperti sakit perut, diare, jantung berdebar, dan sesak napas. Reaksi alergi tidak selalu muncul pada paparan pertama pada suatu hal tertapi dapat muncul setelah paparan berulang. Bebeerapa jenis alergi yang umum adalah:

    • alergi makanan
    • alergi debu
    • alergi serbuk sari
    • alergi udara dingin
    • alergi obat
    • alergi bulu hewan
    • alergi kandungan kosmetik tertentu
    • dan sebagainya
    Apabila setelah meminum obat-obat tersebut (pada saat yang sama), Anda mengalami gejala alergi, obat mana yang menyebabkan alergi tidak dapat dipastikan. Hal ini dapat dipastikan apabila Anda meminum obat tersebut pada waktu yang berbeda. Dengan demikian, tidak mudah untuk menjawab pertanyaan Anda. Saat ini, memang sebaiknya menghentikan pemakaian obat-obat tersebut dan kembali berkonsultasi dengan dokter Anda untuk mengganti pengobatan untuk nyeri sendi Anda. Bila gejala alergi muncul, Anda dapat meminum obat antihistamin misalnya cetirizine (seperti yang sudah Anda minum), CTM, atau loratadine. Hindari menggaruk bagian yang gatal Semoga informasi ini berguna. dr. Aloisia

    Angela Sie  Angela Sie
    Anggota

    Sudah langsung tanya ke dokter nya, katanya kemungkinan Arcoxia yg menyebabkan gatal, jadi Arcoxia nya yg jangan dilanjutkan, cuma saya ragu apakah benar, saya takut kalau saya minum 2 macam sisanya ternyata masih gatal karena menyiksa sekali gatalnya seluruh badan, tidak tahan. Saya ragu karena dokter bilangnya "Kemungkinan", itu yg jadi masalah yg saya pertanyakan disini

    Angela, Betul, seperti yang sudah saya sampaikan di atas, tidak dapat dipastikan obat mana yang dapat menyebabkan reaksi alergi tersebut karena Anda meminumnya pada saat yang bersamaan. Etoricoxib, kandungan dari Arcoxia, adalah obat golongan anti radang non-steroid (non-steroidal anti-inflammatory drug/ NSAID). Memang dari banyak kasus, alergi terhadap golongan obat ini lebih banyak dibandingkan dengan kedua obat lain yang Anda sebutkan. Reaksi alergi terhadap allopurinol bukanlah merupakan efek samping yang umum dari obat ini. Di sisi lain, terdapat beberapa kasus reaksi alergi terhadap eperison (kandungan dari epsonal). Jika reaksi alergi masih Anda rasakan, Anda dapat meminum obat antihistamin sampai gejala mereda. Untuk sementara, ini yang dapat saya sampaikan. Salam.