Tanya Dokter

  • apa obatnya

  •  rtamaa
    Anggota

    dok saya sudah seminggu ngerasa meriang tetapi tidak demam , sekarang saya ngerasa seperti radang tenggorokan tetapi tidak sakit ketika menelan , saya sakit apa ya dok , dan saya juga sariawan dok

    Halo,

    Dalam bahasa medis tidak dikenal definisi meriang. Meriang disebut demam dalam bahasa medis. Demam adalah kondisi ketika suhu tubuh berada di atas angka 38 derajat celsius. Demam terjadi akibat perubahan metabolisme yang ada di dalam tubuh, paling sering disebabkan infeksi virus dan bakteri. Di dalam otak manusia terdapat sistem pengaturan suhu tubuh. Secara normal, sistem pengaturan tubuh otomatis akan menjaga suhu tubuh berada kurang dari 38 derajat celcius. Saat berada di suhu tinggi respon manusia adalah berkeringat, dan sebaliknya di ruangan dingin manusia akan menggigil. Hal ini semata-mata untuk mempertahankan sistem suhu tubuh manusia berada dalam kisaran normal. Di saat Anda terkena infeksi virus atau bakteri, sistem pengaturan suhu tubuh ini terganggu. Toksin dari virus atau bakteri akan mengganggu kerja pengaturan suhu di batang otak dan sebagai hasil akhir muncul demam (suhu di atas 38 derajat celsius). Pergeseran suhu di atas 38 derajat celsius ini tidak normal bagi manusia, toksin virus atau bakteri dapat berada di peredaran darah, sebelum muncul deman pada penderita dapat diawali dengan gejala:

    - menggigil

    - berkeringat dingin

    - keram otot

    - sakit kepala

    - sakit tenggorokan

    - tidak nafsu makan

    Bila Anda mengalami gejala seperti di atas namun belum terdapat demam, saat ini Anda sedang mengalami gejala awal dari infeksi. Anda perlu mendapatkan tindakan pencegahan berupa:

    - minum air putih minimal 8 gelas/hari

    - istirahat cukup

    - minum tablet multivitamin

    - makan buah dan sayur

    - tidak merokok dan minum alkohol

    Bila gejala tidak enak di tubuh masih ada, Anda sebaiknya menemui dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

    Semoga bermanfaat,

    dr. Mira