Tanya Dokter

  • Penyebab jari tangan tidak bisa diluruskan

  • Malam dok saya mau tanya,jari tangan saya gak bisa diluruskan,bengkok pas garis kedua dan gak sakit..kaya gak ada tenaganya gitu dok

    Halo M Lukman.......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Komisi yang Anda alami kemungkinan mengarah ke yang dalam dunia medis disebut sebagai trigger finger, yaitu suatu jenis Peradangan pada tendon, toko sehingga seseorang yang terkena penyakit ini mengeluhkan tiba - tiba jari tidak mampu untuk diluruskan sesudah dibengkokkan.

    Penyebab pasti terjadinya trigger finger sampai saat ini belum diketahui dengan pasti. Akan tetapi umumnya kasus ini muncul karena berhubungan dengan trauma yang berulang atau dapat juga disebabkan oleh gerakan menggenggam yang berulang sehingga menimbulkan gesekan antara tendon jari tangan dan sendi.

    Cobalah atasi keaedaan ini terlebih dahulu dengan cara :  kompres jari yang mengalami keluhan dengan menggunakan air dingin, latih kekuatan pada jari - jari tangan, hindari jari tangan yang mengalami keluhan melakukan aktivitas fisik terlebih dahulu khususnya menggenggam.

    Apabila setelah melakukan cara - cara diatas, kondisi yang Anda alami masih saja terjadi dan semakin memburuk, maka kami menyarankan segeralah untuk menemui dokter, agar dilakukan serangkaian pemeriksaan secara langsung, sehingga penanganan yang tepat dapat segera diberikan.

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    Dr. Jati