Tanya Dokter

  • Penyebab perut kram

  •  Nauval
    Anggota
    Selamat malam dok, saya mau tanya kemarin saya mengkonsumsi telur setengah matang 2 biji setelah itu perut saya merasa keram kenapa dok? Kira" bagaimana cara mengatasinya? Terimakasih

    Halo Nauval.......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Gangguan kesehatan yang Anda alami dengan keluhan utama berupa timbulnya rasa kram pada perut, dapat disebabkan oleh berbagai macam hal, diantaranya adalah : gangguan kesehatan pada lambung misalnya maag / gastritis, karacunan makanan, peradangan pada Kantung empedu, peradangan pada usus buntu, infeksi saluran kemih, alergi makanan, dan lain sebagainya.

    Sebenarnya jika rasa Kram pada perut hilang dalam 24 jam, Anda tidak perlu khawatir berlebih, karena hal ini dapat dianggap sebagai hal yang masih tergolong wajar. Akan tetapi jika kram masih saja muncul lebih dari 24 jam, dan sudah mengganggu aktivitas sehari-hari, maka kami menyarankan untuk segera menemui dokter agar dilakukan serangkaian penanganan lebih lanjut.

    Untuk mengurangi rasa kram pada perut, cobalah tips berikut ini : kompres perut yang terasa Kram dengan botol yang berisi air hangat, tidur dan istirahat yang cukup, bungkukkan badan ke arah perut yang terasa kram untuk mengurangi rasa sakit, hindari mengonsumsi makanan yang mengandung asam/ pedas/ berlemak/ berminyak/ Digoreng/ bersantan, hindari mengonsumsi kopi, stop merokok dan jangan minum - minuman keras.

    Demikian penjelsan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    @dr.jati