Tanya Dokter

  • Apa obat untuk osteomyelitis?

  •  Farhandz
    Anggota
    Halo dokter. saya farhan umur 19 th. Saya menderita penyakit osteomyelitis di bagian jari kelingking kaki dan sudah menjalani oprasi ke-3 sekitar 9 bulan yg lalu. Tapi sekarang sering kambuh dan nyerinya itu selalu dibagian tumit/pergelangan kaki, sendi pergelangan jari jempol kaki dan terasa sangat pegal dibagian lutut dan diringi demam. Apakah ini dampak dari osteomyelitis atau penyakit lain? Mohon penjelasannya dokter terimakasih
    Farhandz  dr. Danny
    Dokter

    Hai.

    Osteomyelitis merupakan suatu infeksi yang terjadi pada tulang. Infeksi tulang tersebut dapat terjadi karena berbagai penyebab. Biasanya pengobatan osteomyelitis memang membutuhkan waktu yang lama, termasuk dengan tindakan operasi untuk membersihkan jaringan tulang. 

    Gejala osteomyelitis biasanya menyebabkan rasa nyeri pada daerah tulang yang terkena, selain itu dapat juga terjadi gejala lainnya seperti demam, muntah, sakit kepala. Osteomyelitis juga dapat menyebabkan nyeri di daerah sekitar tulang yang terkena. 

    Yang harus diwaspadai ialah terjadi penyebaran osteomyelitis ke bagian lainnya, jika terjadi penyebaran osteomyelitis ke tempat lain maka hal tersebut dapat menyebabkan rasa nyeri dan kemerahan serta membengkak pada tempat lain.

    Tetapi selain itu, keadaan yang anda alami dapat juga disebabkan karena penyakit lain seperti peradangan sendi, gangguan pembuluh darah.

    Oleh karena itu, untuk menentukan penyebab dari keadaan anda, maka sebaiknya anda memeriksakan diri secara langsung ke dokter spesialis ortopedi atau ke dokter anda yang melakukan operasi, sehingga dokter dapat memeriksa keadaan anda secara langsung. Mungkin nanti akan dilakukan pemeriksaan tambahan seeprti pemeriksaan darah, rontgen, atau MRI/ CT Scan jika memang diperlukan.

    anda dapat melakukan kompres dingin pada lutut jika terasa panas dan bengkak. Kompres dengan menggunakan es selama kurang lebih 30-45 menit. Kontrol rutin ke dokter anda. 

    Berikut artikel yang dapat anda baca mengenai Osteomielitis

    semoga bermanfaat. Terimakasih

    dr. Danny