Tanya Dokter

  • Hasil testpack masih positif pasca keguguran

  •  novica alvi
    Anggota
    dok kalau sya hbis mengalami keguguran kmudian hsilnya masih positif dan saya juga belum mendapatkan menstruasi lagi apakah saya hamil lg , tp saya tidak merasakan mual dan pusing sprti kehamilan sy yg dlu ,, dan obat apa untuk melancarkan menstruasi , tlg jwbnya dok
    novica alvi  dr. Budiono
    Dokter

    Hai Novica,

    Sebelumnya saya mengucapkan turut bersedih atas kehilangan Anda. Keguguran adalah kondisi berakhirnya kehamilan pada kehamilan berusia dibawah 20 minggu yang dapat disebabkan oleh berbagai hal.

    Bila Anda baru mengalami keguguran pada 2-3 minggu yang lalu maka kemungkinan besar kondisi tersebut bukanlah disebabkan oleh terjadinya kehamilan melainkan adanya hormon kehamilan yang terdapat pada air kemih (hormon beta HCG). Hormon ini merupakan hormon yang terdapat pada wanita hamil dan masih dapat terdeteksi selama beberapa minggu paska keguguran (dapat berlangsung sampai dengan 2-3 minggu paska keguguran).

    Sedangkan menstruasi umumnya terjadi setelah 4-6 minggu paska melahirkan/keguguran. Bila keguguran tersebut baru berlangsung pada 1-3 minggu yang lalu maka merupakan hal yang normal bila Anda masih belum mengalami menstruasi sampai saat ini. Kondisi tersebut tidaklah membutuhkan penanganan tertentu oleh dokter.

    Bila menstruasi tidak kunjung terjadi setelah 3 bulan paska keguguran/kehamilan maka dokter dapat meresepkan obat hormonal seperti progesterone atau estrogen untuk membantu melancarkan menstruasi Anda. Lakukanlah kontrol dan pengobatan sesuai anjuran dokter Anda agar pemulihan tubuh Anda berlangsung dengan baik.

    Berikut anjuran untuk Anda :

    • Lakukan pola hidup sehat
    • Kelola stres dengan bijak
    • Lakukan kontrol sesuai anjuran dokter Anda atau bila Anda merencanakan kehamilan kembali
    • Bila Anda merencakan kehamilan sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter dan melakukan beberapa pemeriksaan agar proses kehamilan Anda kelak berlangsung dengan baik
    • Semoga bermanfaat,

      dr. Budiono