Tanya Dokter

  • Cara mencegah kehamilan

  • Malam dok Saya mau tanya kan saya semalam habis berhubungan intim dgn suami saya Gk minum pil kb. Kemudian melakukan yang pertama di keluarin di luar Trus yang ke dua nya dia gk berasa keluar Tak tanyain sama saya dia jawab katanya keluar dikit tapi dia bilang gk berasa Setelah itu pagi nya saya minum pil kb Apakah saya bisa habil apa gk dok Soal nya saya lagi menunda kehamilan dok

    Haii Anippah,

    Bila dalam cerita yang Anda paparkan terjadi 2 kali hubungan seksual dalam satu hari, kemudian Anda mengonsumsi pil KB keesokan harinya (masih dalam 72 jam pertama setelah berhubungan seksual), maka risiko terjadinya kehamilan sangat kecil, asalkan Anda telah mengikuti petunjuk konsumsi pil KB tersebut sesuai aturan.

    Kasus Anda ini termasuk ke dalam kasus pencegahan kehamilan dalam situasi darurat. Yang dimaksudkan dalam hal ini ialah keadaan yang memaksa untuk mengonsunsmi pil kontrasepsi darurat (kondar) diantaranya korban pemerkosaan, kebocoran kondom, terlambat minum pil kb lebih dari 2 hari, lupa pakai kondom, atau lupa suntik kb ulang lebih dari seminggu.

    Kondar sendiri berupa pil, diindikasikan pada keadaan tertentu namun tidak digunakan sebagai kontrasepsi rutin. 

    Cara pemakaian pil kondar berbeda tergantung jenis pil kondar yang dikonsumsi. Yang paling umum dikenal dan terbukti efektif salah satunya adalah pil progestin. Pil ini harus diminum paling lambat 3 hari (dalam 72 jam) setelah melakukan hubungan intim dengan aturan : pil pertama diminum sesegera mungkin disusul pil kedua 12 jam setelahnya. Bila lebih dari 3 hari dan pembuahan terjadi, maka pil progestin tidak akan berefek. Pil ini tidak dapat digunakan untuk menggugurkan kehamilan yang telah terjadi. 

    Bila Anda tetap merasa khawatir, temuilah dokter terdekat Anda untuk berkonsultasi. Perlu Anda ingat bahwa kondar tidak direkomendasikan untuk kontrasepsi rutin sehingga pilihlah metode kontrasepsi lain bila Anda ingin menunda kehamilan dalam jangka waktu tertentu.

    Silakan simak artikel terkait : Memilih Alat Kontrasepsi  Kontrasepsi Darurat

    Demikian semoga membantu,

    Terima kasih