Tanya Dokter

  • Pengobatan diare disertai sakit perut bagian atas

  • Dok saya mau bertanya sudah dua hri in saya diare. Hari pertama disertai demam dan muntah warna kuning hari kedua demam sdah tdak ad dan muntah juga tdak . cuma diarenya belum berhenti dan sakit perut bagian atas kadang-kadang muncul . berselang waktu .misalnya 15 menit tdak sakit perut q nanti kumat lagi sakit selma 1 menit kemudian hilang dan nanti muncul lagi ...kira" knpa yah dok ..mohon infonya terima kasih

    Halo,

    Peningkatan frekuensi buang air besar dengan konsistensi feses yang lebih lunak atau cair daripada biasanya disebut diare. Diare dapat disebabkan beberapa macam, misalnya infeksi virus, bakteri, dan parasit.

    Diare terkadang dapat diserta keluhan demam, sakit perut, kembung, muntah, nyeri ulu hati dan lemas. Salah satu risiko diare terus-menerus yang perlu kita waspadai adalah dehidrasi (kekurangan cairan). Dehidrasi ditandai dengan:

    • lemas
    • sakit kepala
    • urine yang pekat dan sedikit
    • mudah haus
    • cepat lelah

    Diare diobati sesuai dengan penyebabnya. Penyebab diare ini dapat diketahui dari pemeriksaan dengan dokter (wawancara dan pemeriksaan fisik) kemudian dapat dibantu dengan pemeriksaan medis seperti pemeriksaan feses rutin. Antibiotik dapat diberikan pada kondisi diare disebabkan bakteri. Penanganan diare yang utama adalah mencegah terjadinya kekurangan cairan (dehidrasi) dengan cara terapi rehidrasi oral, misalnya mengonsumsi oralit untuk mengganti cairan tubuh yang hilang akibat diare atau muntah. Pada kondisi diare yang sering (berkepanjangan) sebaiknya dikonsultasikan kepada dokter, dokter akan menentukan apakah perlu dilakukan rawat inap dan diberikan cairan pengganti melalui infus dan dilakukan pengobatan sesuai penyebab diare.

    Beberapa hal yang dapat Anda lakukan:

    • sementara hindari minuman berkafein, bersoda dan jus buah
    • perbanyak asupan cairan, misalnya minum oralit setiap habis diare
    • jika diare terus berlangsung segera kunjungi UGD/dokter terdekat

    Semoga membantu,

    dr.Mira