Tanya Dokter

  • Penyebab jantung berdebar dan tangan terasa kesemutan

  •  Hudhaarif
    Anggota
    Dok saya hudha umur 25 thn saya mau tanya dok.4bulan ini saya merasakan jantung berdebar tangan kesemutan waktu cemas.sehabis makan kadang dada saya sakit di ulu hati.di tenggorakan rasanya ada yg ganjal.kadang sendawa kaya keluar makanan atau air klau lapar rasanya lemas badan terasa gemetar .kira2 saya sakit apa dok....

    Hai Hudhaarif,

    Beberapa keluhan yang Anda rasakan dapat disebabkan oleh satu penyebab atau beberapa, dan untuk memastikan kondisi ini, mengingat sudah berlangsung cukup lama sebaiknya Anda berkonsunltasi dengan dokter. Dokter perlu memeriksakan kondisi fisik secara langsung, menanyakan riwayat kesehatan sebelumnya, yang ditunjang dengan pemeriksaan laboratorium berupa tes darah, rekam jantung atau EKG hingga pemeriksaan lainnya yang berkaitan jika diperlukan untuk menegakkan diagnosis pasti, sehingga pengobatan yang sesuai akan diberikan dan keluhan Anda akan berkurang.

    Beberapa gangguan yang menyebabkan jantung terasa berdebar salah satunya adalah gangguan tiroid, dimana gangguan pada hormonal ini yang mengatur metabolisme tubuh terganggu. Hipertiroid dan hipotiroid adalah jenis yang sering terjadi. Gejala pada hipertiroid yang sering dikeluhkan berupa mudah lelah, sering berdebar, berat badan cenderung menurun, tremor halus, dan keluhan sebaliknya pada hipotiroid. Beberapa kemungkinan lain yang mungkin menjadi penyebab seperti masalah pada lambung, gangguan pencernaan hingga stres dan gangguan kecemasan mungkin dapat menjadi penyebab.

    Konsultasikan dengan dokter, agar keluhan berkurang dan diagnosis pasti dapat ditegakkan.

    semoga bermanfaat,

    dr. Tantya