Tanya Dokter

  • Penanganan penyakit gondongan yang menyebar ke bagian dada

  • Slm Siang Dok !!! saya punya anak umur 11 tahun terkena sakit gondongan.

    sudah seminggu belum sembuh. Sekarang bengkaknya berada didadanya. bagaimana dokter dengan keadaan dari anak saya. Apakah ini membahayakan untuk jantung dan paru - parunya !!!! Trimakasih dokter.

    Halo Louanna.......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Kondisi yang dialami oleh anak Anda saat ini yang kemungkinan berupa gondongan atau yang dalam bahasa medis disebut sebagai mumps / parotitis, merupakan suatu penyakit menular yang disebabkan oleh infeksi virus, di mana menyerang kelenjar ludah antara telinga dan rahang, sehingga menyebabkan pembengkakan pada leher bagian atas atau pipi bagian bawah.

    Selain pembengkakan, gejala - gejala yang umumnya muncul jika seseorang terkena penyakit gondongan, diantaranya adalah : demam, sakit kepala, nyeri otot, kehilangan nafsu makan, nyeri rahang bagian belakang saat mengunyah, kaku pada rahang, sulit untuk membuka mulut.

    Sebenarnya sampai saat ini belum ada obat yang dapat mengatasi gondongan. Kesembuhan terjadi jika sistem kekebalan tubuh berhasil melawan infeksi. Penyakit Gondongan biasanya sembuh dalam waktu kurang lebih dua minggu.

    Cobalah atasi keadaan ini dengan cara : kompres bagian yang bengkak dengan air hangat, makan makanan yang sehat dan bergizi mudah telan seperti sup ayam atau bubur ayam, minum air putih minimal 2 Liter perhari, tidur dan istirahat cukup.

     akan tetapi kami tetap menyarankan kepada Anda untuk segera menemui dokter spesialis, dan mendiskusikan masalah ini, agar anak Anda dapat dilakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut, sehingga penanganan yang tepat akhirnya dapat diberikan.

    Klik Artikel di bawah ini yang sesuai dengan pertanyaan Anda :

    GONDONGAN

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    Dr. Jati