Tanya Dokter

  • apa obat untuk penyakit saya?

  •  Boy Chil
    Anggota

    dok sya mau tanya,habis KB suntik kok sya g haid2 selama 2bulan,tpi sya sering mual,pusing sma muntah2 kenapa ya dok......

    Hai, Keluhan mual, pusing dan muntah yang Anda alami kemungkinan dapat merupakan efek samping dari penggunaan KB suntik. Beberapa efek samping yang mungkin timbul pada penggunaan KB suntik di antaranya adalah:

    • Perdarahan vagina atau menstruasi tidak lancar/berhenti
    • Sakit kepala
    • Mual dan muntah
    • Perubahan mood
    • Nyeri pada payudara
    • Peningkatan berat badan
    • dll
    Namun demikian, keluhan mual, muntah dan pusing dapat pula diakibatkan oleh penyebab yang lain. Beberapa kemungkinan penyebabnya adalah: Untuk memastikan penyebabnya sebaiknya Anda memeriksakan diri ke Dokter. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan jika diperlukan pemeriksaan penunjang seperti tes darah, X-Ray, endoskopi dan lainnya. Penanganan yang tepat akan diberikan sesuai dengan penyebab yang mendasarinya. Beberapa anjuran bagi Anda:
    • Cukup tidur dan cukup istirahat
    • Makan secara teratur dengan pola gizi seimbang, jangan melewatkan waktu makan
    • Hindari makanan yang bersifat terlalu pedas, asam, atau berlemak
    • Menjaga kebersihan makanan dan minuman yang dikonsumsi
    • Kelola stres secara bijak
    Baca laman artikel berikut ini: Demikian semoga bermanfaat. Salam, dr. Muliani Sukiman