Tanya Dokter

  • Telat menstruasi dan keluar keputihan berwarna coklat

  •  Sucy
    Anggota

    dok usia saya 19 thn saya sudah trlambt haid 10hri tp hasil tespek negatif karena jga tdak melakukan hbngan sex . . tetapi pert dan payudara nyeri seperti mw haid . . skrng kpthn tapi brwarna coklat . . ada masalah apa ya dok ?

    Hai Sucy Terlambat haid memang salah satu tanda awal dari kehamilan, namun tidak selalu terlambat haid akibat dari kehamilan. Terutama pada usia muda dimana hormonal wanita (estrogen dan progesteron) belum stabil maka dapat terjadi gangguan siklus haid yang bersifat sementara. Beberapa pemicunya, antara lain:

    • Kelelahan fisik
    • Stres psikologis
    • Diet ketat
    • Penurunan/kenaikan berat badan berlebih.
    Bila baru terlambat 10 hari Anda tidak perlu terlalu khawatir karena ini bisa diakibatkan ketidakseimbangan hormonal sementara dan tidak memerlukan tindakan apapun. Namun bila berkepanjangan sudah melebihi 2 bulan, Anda dapat memeriksakan ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan USG apakah adanya gangguan rahim atau indung telur, misal akibat PCOS (sindrom polikistik ovari), kista ovarium, dsb. Pada awal menjelang haid dapat terjadi gejala tegang, nyeri pada payudara, terasa kram perut dan bisa disertai perubahan emosional, ini merupakan hal yang normal terjadi pada beberapa wanita dan pada beberapa kondisi tertentu. Kumpulan gejala ini disebut dengan sindrom premenstrual. Salah satu penyebabnya adalah faktor hormonal. Berikut informasi lengkap mengenai penyebab nyeri pada payudara dapat Anda baca pada artikel dibawah ini: Penyebab nyeri pada payudara. Keputihan berwarna coklat, sedikit, tidak berbau, tidak disertai gejala seperti nyeri dan gatal kemungkinan merupakan haid yang keluar sedikit berupa bercak. Untuk lebih pastinya diperlukan informasi lebih lengkap mengenai keluhan, serta pemeriksaan fisik langsung oleh dokter. Semoga membantu ya. Terima kasih. dr.Yan william