Tanya Dokter

  • Apa pantangan setelah operasi usus buntu ?

  • Dok nama saya dimas yogi p . saya baru saja kemarin tgl 28 agustus 2015 melaksanakan operasi usus buntu alhamdullilah berhasil dan tidak ada kendala , dan saya hari ini nanti sore sekitar jam 15.00 saya bisa pulang kerumah , saya ingin tanya apakah pantangan setelah pasca operasi usus buntu dok ? Dan kapan saya bisa beraktivitas lagi karena saya harus kerja dok hehe. Terima kasih.

    Halo,   Beberapa hal yang harus Anda perhatikan paska operasi usus buntu antara lain adalah :

    1. menjaga kebersihan bekas luka operasi.
    2. Hindari mengangkat barang terlalu berat atau melakukan olahraga berat selama bekas luka masih belum pulih. Olahraga ringan seperti berjalan kaki justru dianjurkan agar mempercepat proses pemulihan.
    3. Makan gizi seimbang, perbanyak protein agar luka bekas sayatan pulih sempurna.
    4. Cukup istirahat.
    5. Hindari makanan yang merangsang gerak usus berlebih seperti makanan asam, pedas, berminyak dan bersantan.
    6. Perbanyak sayur dan buah.
    Anda bisa bekerja 5-7 hari paska operasi namun hindari pekerjaan yang membutuhkan gerakan perut yang ekstrem seperti mengangkat barang berat, bermain alat musik tiup secara konstan, dll. Namun jika pekerjaan Anda lebih banyak duduk maka Anda bisa bekerja seperti biasa dan justru perlu melakukan mobilisasi dini seperti stretching ringan, jalan kaki, jalan cepat agar proses penyembuhan maksimal. Luka operasi usus buntu bia pulih total setelah 4-6 minggu paska operasi. Baca topik Pasca operasi usus buntu. Semoga bermanfaat.   dr. Yusi

    Halo. Terima kasih dok atas sarannya sangat membantu dan akan saya ikuti saran dokter. Oh iya dok saya ingin tanya , tadi pagi sekitar jam 2 ayah saya dilarikan ke rumah sakit karena vertigo dan jatuh serangan stroke ringan keadaannya sebalah kiri ngga bisa digerakin kaki tangan dan berbicara sudah cadel mulut pun menyon , apakah masih bisa sembuh dok dengan penanganan rumah sakit ? Butuh berapa lama agar ayah saya bisa pulang kerumah dan pulih sedia kala. Terima kasih dok saya mohon untuk menjawab pertanyaan saya yang ini juga dikarenakan penting dok :')