Tanya Dokter

  • apa pembengkakan kelenjar getah bening terjadi pada anak usia 5 thn?

  •  Lanange Jagad
    Anggota

    Assalamualaikum, met siang dok...ada benjolan pd leher anak sy usia 5 thn krg 2 bln. Sy udh konsul k dokter umum, ktnya kmungkinan ada infeksi di area telinga, hidung, tenggorokn, mulut, atau gigi. gigi anak sy mulai ompong yg depan, bolong jg yg geraham. Kt dokter itu jg, tunggu smpi masanya anak sy copot gigi sktr usia 7 thn k atas. Nanti benjolan akn kempes, kalo g kempes jg hrs diperiksa. Menurut dokter, kira2 ada bahaya g kalo sy menunggu smp umur anak sy 7 thn? Benarkh benjolan itu pembengkakan kelenjar getah bening? Apa usia anak2 udh terkena?

    Hai,   Benjolan pada leher bisa disebabkan banyak faktor. Untuk memastikan apakah benjolan tersebut maka pemeriksaan fisik atas benjolan itu harus dilakukan secara langsung agar dokter bisa menilai katakteristik dari benjolan. Pembengkakan kelenjar getah bening bisa terjadi pada segala umur. Tidak hanya orang dewasa, anak anak pun bisa terkena pembengkakan kelenjar getah bening. Adapun penyebab pembengkakan kelenjar getah bening pada anak bisa disebabkan :

    1. Infeksi kuman daerah sekitar kelenjar yg membengkak
    2. Infeksi virus seperti rubella
    3. Tumor kelenjar
    4. Metastasis kanker
    5. Penyakit autoimun seperti lupus, Rematoid Artritis
    6. Dll.
    Pembengkakan ini bisa diperiksa secara pasti melalui biopsi kelenjar yang membengkak. Pada biopsi diambil jaringan kelenjar yang membengkak sedikit dan diperiksakan di laboratorium untuk mencari penyebab pembengkakan tersebut. Cara lain yang bisa ditempuh adalah tes darah, CT SCAN dan X- Ray jika perlu. Segera periksakan anak Anda jika :
    1. Benjolan bertambah besar dan banyak dengan cepat
    2. Disertai demam tinggi
    3. Disertai penurunan berat badan
    4. Terasa nyeri
    5. Mengganggu fungsi menelan dan pernafasan
    6. Anak terlihat pucat dan lemah.
    Semoga membantu.     Dr. Yusi

    Lanange Jagad  Lanange Jagad
    Anggota

    Terima kasih dokter atas infonya.

    maaf ikut nimrung dok.. mo tqnya juga kebetulan tdi sore kepala anak saya gatal dan saya lihat ada 3benjolan diatas kepala 1 dan 2 lagi dikepala belakang bagian bawah ,, anak saya umur 4tahun jalan . Ywng mau saya tanyakan apakah berbahaya ? karena jam 20.00 saya periksa ke dokter anak yamg katanya kelenjar getah bening tetapi tidak berbahaya... apakah benar dok dan apa solusinya untuk mencegahnya dan berbahaya kah ? terima kasih dan semoga ada respond nya ..

    Halo Nugraha,   Adanya benjolan pada kepala yang Anda katakan bisa dikarenakan :

    1. Pembesaran KGB.
    2. Bisul.
    3. Karbunkel.
    4. Kista.
    5. Abses.
    6. Dll.
    Seperti dikatakan diatas diperlukan pemeriksaan secara langsung untuk menilai karakteristik dari benjolan tersebut untuk mengetahui jenis dan penyebabnya. Jika dokter yang memeriksa anak Anda menyatakan bahwa benjolan tersebut adalah pembesaran KGB maka yang perlu Anda perhatikan adalah :
    1. Kondisi anak secara keseluruhan = lemas, pucat dll.
    2. Berat badan dan tumbuh kembang anak.
    3. Benjolan semakin membesar dengan cepat atau tidak.
    4. Adakah penurunan berat badan, demam, kaku pada leher, nyeri pada benjolan dll.
    5. Adakah batuk berdahak yang lama (>2 minggu).
    6. dll.
    Jika kondisi anak baik dan tidak ada tanda yang mengkhawatirkan diatas maka Anda belum perlu khawatir berlebih. Pada anak anak pembesaran KGB bisa saja disebabkan karena infeksi virus akibat memasukkan benda ke mulut secara sembarangan, dll. Bahkan pada beberapa artikel disebutkan bahwa kondisi alergi berlebih juga dapat menyebabkan pembesaran kelenjar tersebut. Semoga bermanfaat.   dr. Yusi

    Lanange Jagad  ayu alpiah
    Anggota

    Maaf dok saya mau konsultasi Anak saya baru berumur 2 tahun Saya baru lihat kepala anak saya ada benjolan Awalnya anak saya gatal dibagian kpala dia trus garuk2 trus Sehingga nimbul luka dikepalanya Sampai kulit kpalanya berdarah Dan langsung nimbul benjolan katanya dokter klenjar getah bning Bahaya ga dokter

    Halo Ayu,   Benjolan di kepala yang dinyatakan sebagai kelenjar getah bening belum tentu merupakan hal yang berbahaya. Seperti yang sudah dikatakan diatas pembesaran kelenjar getah bening bisa disebabkan banyak faktor seperti :

    1. Infeksi virus = campak, campak jerman, dll.
    2. Infeksi bakteri.
    3. Alergi berat.
    4. Infeksi di dekat pembesaran KGB = misal di dekat telinga karena adanya infeksi di telinga, dll.
    5. dll.
    Karena anak Anda baru berusia 2 tahun maka Anda bisa berkonsultasi dengan dokter anak. Jika benjolan cukup banyak dan besar, maka pemeriksaan lanjutan seperti biopsi kelenjar dll bisa Anda lakukan untuk mendapatkan kejelasan mengenai penyebab pembesaran kelenjar tersebut. Dengan biopsi bisa diketahui apakah pembesaran tersebut bersifat membahayakan atau tidak. Jika benjolan kepala berada tepat di bagian yang anak Anda garuk hingga berdarah, maka kemungkinan ini belum tentu pembesaran kelenjar. Kondisi abses, kista, bisul dll bisa timbul sebagai benjolan akibat tindakan menggaruk tersebut. Saran kami pastikan dengan baik pembesaran tersebut ke dokter, pantau tumbuh kembang anak Anda dengan baik (lihat pertambahan tinggi badan dan berat badan) serta jika terdapat keluhan lain seperti demam, perkembangan terlambat (belum bisa mengangkat leher, telat bicara dll) segera hubungi dokter terdekat.   Semoga memperjelas.   dr. Yusi

    Lanange Jagad  Ikhwanul Pikri
    Anggota

    Slmat mlam dok sya mau konsultasi...anak sya usia 2thn bru Bbrpa hari sya liat ada benjolan di smping tlinga sblah kiri.tpi ktnya gx sakit....apa trmksuk ciri ciri klenjar getah bening dok.apa yg pling utma sya hrus lkukan dok.

    Lanange Jagad  Mega Ayu S
    Anggota
    Maaf ikut nimbrung, saya mau tanya dok adik saya baru berusia 11 bulan, di antara rahang dan pipi ada benjolan lumayan besar dan keras. Kira2 itu kenapa dok? Bahaya tidak? tadi saya periksakan ke puskesmas mereka bilang itu semacam gondok tapi adik saya setiap malam tidak panas atau demam, dia masih biasa aja kaya biasanya dok. Mohon jawabannya dok, terimakasih