Tanya Dokter

  • Bagaimana penanganan BAB disertai dengan darah?

  • permisi dok sya mw txa dok istri saya bab disertai darah bening n istri saya lemas n apakah itu tanda adax kangker dok untuk bab bru 2kli dri saya mngajukn pertxaan ini dok.

    trimksh dok

    Hai Penyebab tersering dari BAB disertai darah merah segar adalah hemoroid/wasir/ambeien. Dimana dapat disertai gejala benjolan pada anus yang nyeri, atau gatal, namun tidak selalu karena bisa saja wasir terletak pada bagian dalam anus sehingga tidak teraba atau terasa dari luar anus. Penyebab lain dari BAB disertai darah, antara lain:

    • Peradangan dan infeksi usus besar, biasanya disertai gejala mencret dan nyeri perut
    • Divertikulosis usus besar, biasanya disertai gejala nyeri perut tanpa sebab yang berulang
    • Makanan tertentu yang dapat menyebabkan BAB seperti berdarah, misal buah naga merah dan beet.
    • Luka pada anus, biasanya disertai gejala nyeri
    • Kanker usus besar (kolon).
    Gejala dari kanker usus besar biasanya adanya gejala lain yaitu perubahan pola BAB berulang seperti sulit BAB dan mencret, kadang BAB lembek kecil-kecil, nyeri perut tanpa jelas, penurunan berat badan dan anemia (kekurangan sel darah merah) tanpa sebab yang jelas. Untuk memastikan kanker kolon diperlukan pemeriksaan kolonoskopi, yaitu pemeriksaan dengan memasukan selang mempunyai kamera ke dalam usus besar melalui anus untuk melihat keadaan usus besar, selain itu juga untuk mengambil sebagian jaringan tumor untuk diperiksakan patologi anatomi untuk memastikan apakah sel tersebut kanker atau bukan. Informasi terkait dapat Anda baca pada artikel berikut ini: Kanker usus besar. Khawatir kanker usus besar, lakukan kolonoskopi. Apa itu wasir? Semoga membantu ya. Terima kasih. dr.Yan william

    Rahmadnurulhuda  Rahmadnurulhuda
    Anggota

    terimakasih atas infonya dok.