Tanya Dokter

  • Mengatasi kejang pada penderita autisme

  •  Taufik011
    Anggota
    Pagi dok, adik saya 22 tahun dengan autisme , kemarin mengalami kejang ke 2 dok.. apa penanganan saya selaku keluarga jika mendapati adik saya kejang lagi dok... dan apa obat nya dok.. makasi dok

    Hallo Taufik011

    Terimakasih atas pertanyaan anda

    Kejang adalah kondisi di mana otot-otot tubuh berkontraksi secara tidak terkendali akibat gangguan atau abnormalitas penyampaian sinyal dari otak terhadap otot-otot tubuh, kondisi ini bisa disebabkan karena adanya gangguan pada otak, akibat demam, dan penyebab lainnya. Penanganan kejang harus dilakukan dengan segera untuk mencegah kerusakan pada otak dan juga mencegah terjadinya cedera pada tubuh akibat gerakan tubuh yang tidak terkendali. Sejumlah langkah sederhana yang bisa diambil saat saudara anda megalami kejang meliputi:

    • Baringkan saudara anda yang mengalami kejang agar tidak jatuh, tapi jangan memindahkannya. Jika memungkinkan pastikan saudara anda berada pada tempat yang datar dan tidak berada pada tempat yang tinggi agar saudara anda tidak jatuh.
    • Jangan memasukkan sesuatu dalam mulut penderita, contohnya sendok atau jari.
    • Jauhkan benda-benda berbahaya dari saudara anda, terutama benda tajam.
    • Longgarkan pakaian yang ketat, terutama di sekitar leher saudara anda.
    • Miringkan kepala saudara anda. Posisi ini akan mencegah muntahan masuk ke dalam paru-paru.
    • Hindari menyuapi saudara anda dengan apa pun sebelum kejang berhenti dan sepenuhnya sadar.
    • Temani saudara sampai kejangnya berhenti atau hingga ada tenaga medis yang membantu mengatasi kondisi saudara anda.

    Setelah kejang berhenti, pastikan anda membaringkan saudara anda dengan posisi miring ke sisi kiri, kemudian periksa kondisi pernapasan saudara anda, memberikan napas buatan jika dibutuhkan, serta memantau tanda-tanda vital saudara anda (misalnya detak jantung). Untuk penanganan dengan obat ketika sedang mengalami kejang memang sulit dilakukan sendiri di rumah karena memang pada orang dewasa obat kejang (obat yang umum dipergunakan adalah diazepam) diberikan dengan menggunakan suntikan anti kejang tidak seperti anak dimana penggunakan obat kejang dapat diberikan obat kejang melalui lubang anus jika mengalami kejang di rumah, karena ada perbedaan dosis dan jenis obat yang tersedia. Untuk itu jika mengalami kejang, sebaiknya segera bawa saudara anda pada tempat pelayanan kesehatan terdekat (instalasi gawat darurat). Untuk mencegah kejang berulang setelah kejang yang terjadi ditangani, biasanya dokter akan memberikan obat anti kejng yang dikonsumsi secara rutin di rumah.

    Semoga jawaban ini membantu anda.

     

    dr. Aldy Valentino