Tanya Dokter

  • Apa penanganan flu untuk anak?

  • Selamat malam dok. Saya ingin bertanya. Anak saya berumur 2,5 bulan. Dia flu tapi keluar lendir kalau bersin saja dan nafasnya grok2 seperti lendir tertahan di dalam. Saya sudah uap minyak kayu putih, jemur pagi hari dan mandi rempah2 namun belum membaik. Di hari kelima flunya saya beri obat Ozen (cetirizine 2hcl) 1x1, 0,4ml. Karena belum membaik saya beri juga dihari keenamnya. Kondisi mata juga berair dan belek kuning kehijauan dok di sebelah kanan dia. Apakah penangan yang tepat untuk anak saya dok? Terima kasih sebelumnya.

    Halo Stephanie......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Sekedar informasi untuk Anda, masih belum sempurnanya sistem daya tahan tubuh bayi, membuatnya rentan mengalami beragam penyakit termasuk pilek. Penyakit pilek sendiri ditandai dengan keluarnya cairan berwarna jernih dari hidung yang dapat berubah kekuningan atau kehijauan setelah satu minggu. Kemungkinan juga dapat disertai batuk atau sedikit demam. Umumnya bayi masih mau makan atau bermain secara normal jika mengalami pilek.

    Pada dasarnya pilek biasanya disebabkan oleh virus, dan akan mereda dengan sendirinya dalam beberapa hari. Akan tetapi, jika pilek yang dialami sudah akan mencapai kurang lebih tujuh hari, dan tidak mengalami perbaikan apapun, maka disarankan untuk segera menemui dokter spesialis penyakit anak, agar dapat dilakukan serangkaian pemeriksaan lanjut, dan akhirnya penanganan yang tepat dapat berikan sesuai dengan kondisi saat ini.

    Tips untuk Anda : ikutilah saran dan pengobatan dari dokter yang Anda temui nantinya, berikan anak Anda ASI lebih banyak, tempatkan bayi di ruangan tanpa AC untuk mengurangi hidung tersumbat === akan tetapi jika bayi lebih nyaman dalam ruangan AC --- gunakan mesin Palembap udara atau manfaatkan uap air panas, tepuk perlahan punggung bayi untuk membantu meringankan pernafasan yang tersumbat, bersihkan cairan hidung atau lendir yang mengeras pada hidung bayi dengan menggunakan kapas yang dibasahi dengan air hangat.

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    @dr.jati