Tanya Dokter

  • Penanganan anak yang menderita spina bifida

  •  Fahmi Stev
    Anggota
    dok saya mau tanya, adik saya yg sekarang sudah berusia 2 tahun 6 bulan telah melakukan cek konsultasi ke dokter dengan melalui x-ray pada saat itu hasil dari konsultasinya pihak dokter mengambil kesimpulan sementara dengan hasil diagnosa bahwa adik sy mengalami penyakit spina bawa lahir terjadi masalah benjolan di ruas tulang belakang. Akan tetapi dokter mengatakan penyakit ini terjadi tidak pada umumnya karna benjolan di ruas tulang belakang yg terjadi pada penderita spina bifida pada umumnya kelihatan dengan tanda berbentuk tonjolan keluar, nah yg terjadi pada adik sy itu sebaliknya atau tidak terjadi benjolan keluar pada kulit sehingga pihak dokter mengatakan ini penyakit langka. Yang sy mau tanyakan apakah ada nggak dok penanganan terbaik selain operasi pada bentuk penyakit ini karna pihak dokter pada saat itu mengatakan harus melakukan konsultasi lanjut dan harus mengambil tindakan lain sebab orang tua sy bilang apakah tidak ada efek samping setelah melakukan operasi tersebut, mengingat lagi kemampuan keluarga sy tdak cukup dngan biaya operasinya. terima kasih.

    Hai Fahmi. Spina bifida merupakan suatu kondisi dimana tidak sempurnanya pembentukan dari tulang belakang dan korda spinalis (suatu bagian saraf pada tulang belakang). Faktor resiko dari kondisi ini adalah defisiensi asam folat saat kehamilan. Kondisi spina bifida ini dapat menyebabkan adanya gangguan persarafan tubuh dimana dapat menganggu pergerakan usus, fungsi berkemih dan BAB, adanya kelemahan tubuh serta pada beberapa kasus dapat menyebabkan kesulitan belajar. Secara umum, penanganan utama adalah dengan operasi dimana setelah itu akan dilakukan fisioterapi dan alat bantu untuk tulang belakang jika diperlukan. 

    KOnsultasikan dengan dokter anda mengingat dokter anda telah melakukan pemeriksaan dan mengetahui jenis, dan seberapa parah kondisi adik anda. Berikut mengenai spina bifida. Semoga bermanfaat dan terima kasih. Salam,dr Alyssa