Tanya Dokter

  • Apakah penderita herpes bisa sembuh total?

  • Mlm dok saya mau tanya apakah penyakit herpes dapat disembuhkan total dari semua virus herpes.bersih lg?mohon penjelasanya.

    Roon Dalapan Dalapan  dr. Rico N
    Dokter

    Halo, Pada herpes, baik pada herpes zoster maupun herpes simpleks, virus yang menginfeksi akan memasuki jaringan saraf dan bergerak ke badan selnya (kebanyakan di dalam saraf tulang belakang; pada herpes zoster infeksi disebabkan oleh virus yang sama seperti cacar air dan saat cacar air tersebut sembuh virus tetap ada tetapi tidak aktif di dalam badan sel saraf). Setelah mencapai badan sel saraf tersebut, maka virus akan terus berada di sana seumur hidup. Umumnya ia tidak aktif, tetapi pada waktu-waktu tertentu, terutama jika daya tahan tubuh melemah maka virus dapat 'bangun' dan aktif kembali menyebabkan penyakit. Pengobatan pada herpes, baik simpleks maupun zoster bertujuan untuk mengendalikan gejala, menekan aktivitas virus, dan memperpendek durasi sakit, tetapi setelah sembuh tetap akan ada virus yang ebrada di dalam badan sel saraf yang sewaktu-waktu akan kambuh / rekuren jika daya tahan tubuh melemah. informasi lebih lanjut dan lengkap mengenai herpes dapat anda baca pada tautan berikut : herpes zoster herpes simpleks demikian yang dapat saya sampaikan , semoga bermanfaat.

    Siang dok.sebulan yg lalu saya berhubungan intim dengan pacar saya.terus saya sakit demam jga badan saya sakit sakit.badan terasa terbakar.jga kemaluan saya sakit saat buang air.di mr p saya keluar cairan putih sedikit sedikit.pas saya kedokter saya diagnosis spilis.terus says disuntik dan diberi obat sakit kencing katanya.pas saya ngomong ke pacar saya katanya dia mempunyai penyakit herpes.sekarang saya sembuh dari semua nya.tpi kadang jga saya merasakan demam dan rasa terbakar di seluruh badan jga masih merasakan sakit ketika kencing kalo sehabis hubungan intim sama istri saya.yg saya ingin tanyakan apakah saya tertular penyakit herpes? Juga apakah istri saya bisa tertular sedangkan saya tidak mengalami bwntolan lengkingan lengkingan karena saya cemas danhawatir saya menkonsumsi obat asiklovir 400 tiap hari 2 kali..mohon penjelasanya dok? Oh iya dokter sekarang saya jga mengalami bintik bintik kecil tersebar di sekitar dada,lengan dan jga muka kaya ada cairan putih didalamnya tpi ukuran kecil banget jga tidak bergerombol hanya tumbuh satu persatu jarang jarangan gitu.apakah ini dampak dri melakukan hubungan intim dengan orang yg terkena herpes? Agar tidak betkelanjutan tindakan apa yg harus saya lakukan?