Tanya Dokter

  • Pengaruh KB pada susah dapat momongan

  •  Nova Herlina
    Anggota

    Dok. Istri saya setelah menikah menggunakan kb 3 bln 1x. Lalu berhenti selama 6 bulan karena jauh dengan saya. Nah dia pakai kn yang 1 bln 1x karena akan ketemu dengan saya. Sekarang sudah tidak pakai kb apa-apa. Sudah 7 bln. Tapi blm hamil terus. Apa pemgaruh kb ya dok.

    Hai Nova Terkadang pada penggunaan KB hormonal terutama KB suntik 3 bulan, dibutuhkan waktu untuk kembalinya hormon seimbang sehingga kesuburan kembali, oleh sebab itu ada kemungkinan disebabkan oleh efek KB. Saat ini sebaiknya Anda berhubungan secara rutin dengan istri Anda tanpa kontrasepsi apapun, minimal 3 kali seminggu, selain itu jaga kebugaran seperti olahraga teratur, makan makanan bergizi seperti buah dan sayuran. Bila memang belum terjadi kehamilan selama paling tidak 1 tahun, Anda dan istri Anda dapat memeriksakan kesuburan. Metode pemeriksaan kesuburan antara lain:

    • Pada pria: dengan pemeriksaan analisa sperma dan hormonal
    • Pada wanita: dengan pemerikaan USG (untuk menilai rahim dan indung telur) dan pemeriksaan HSG (histerosapingografi) untuk mendeteksi adanya sumbatan pada saluran indung telur.
    Berikut tips dari alodokter.com agar cepat hamil: Tips jitu cara cepat hamil. Semoga membantu ya. Terima kasih. dr.Yan william