Tanya Dokter

  • Pengobatan batuk berdahak disertai pilek pada anak

  •  Dwi Wulandari
    Anggota

    Dokter , saya punya anak umur 5 tahun .. Dia sakit bapil uda mau 3 minggu , setiap pagi saya suruh muntahinb, lendir nya bnyk n tebal bnget .. Uda 3 kali berobat , blon hilang .. Kasian saya liat ny , kurang tidur , nafas pun berat . apa klo sering batuk , bikin paru2 jd rusak ?? Makasie dok ..

    Halo, Batuk dan flu rentan terjadi pada anak-anak, dikarenakan rentannya sistem imunitas pada anak. Umumnya batuk dan flu disebabkan oleh virus. Namun apabila terjadi infeksi sekunder oleh bakteri, batuk dan flu ini akan berlangsung lebih lama dan bertambah berat. Pengobatan batuk dan flu karena virus biasannya tidak memerlukan obat-obatan khusus, umumnya hanya digunakan obat yang mengurangi keluhan, seperti:

    • Pengencer dahak
    • Pereda batuk
    • Pelega hidung yang tersumbat.
    Akan tetapi bila batuk disebabkan oleh karena bakteri, maka diperlukan pengobatan khusus dengan antibiotik. Hal ini bertujuan untuk mengeradikasi kuman. Pengobatan diberikan sesuai dengan regimen tertentu sesuai jenis bakteri serta jenis antibiotiknya. Menyikapi batuk pada anak Batuk dan flu yang sifatnya akut dan disebabkan oleh karena infeksi saluran pernapasan atas, tidak merusak paru-paru. Namun, berulangnya batuk dan flu ini menimbulkan risiko timbulnya tonsilofaringitis kronik atau biasa disebut radang amandel. Jika berlangsung lama dan terus menerus, tonsil atau amandel akan semakin membesar karena bengkak, namun tidak dapat kembali ke ukuran normal. Hal ini yang banyak menyulitkan anak-anak untuk bernapas, dan tidurnya mendengkur. Kapan dilakukan operasi amandel pada anak? Apabila batuk tidak kunjung sembuh, sebaiknya segera kunjungi dokter kembali. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik, dan mungkin saja menambahkan pemeriksaan penunjang jika diperlukan. Dari hasil pemeriksaan tersebut barulah dokter dapat menentukan pengobatan yang sesuai. Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga membantu dan semoga lekas sembuh. dr. Agatha

    Dwi Wulandari  Dwi Wulandari
    Anggota

    Makasie dok , !!