Tanya Dokter

  • bentol dan luka gatal di leher kelamin

  • Malam Dok saya berusia 29… sy mo tanya di leher kelamin saya bentol dan luka gatal2 dan testis sy gatal bentol2…kejadian nya setelah saya mema kai alat kontrasepsi (kondom) 1bln yg lalu… Stelah 1mngu mulai gatal dan skrng mulai luka dan bentol.. Yg saya tnyakan apa nama penyakit saya dan apakah memakai alat kontrasepsi seperti ini berbahaya?

    Dok tlong penjelasan nya dok... Maaf ko blm dbls

    Hello, Keluhan gatal dan bentol dari leher organ kelamin hingga ke testis akibat penggunaan kondom, dapat disebabkan oleh:

    1. Dermatitis kontak
    2. Alergi akibat zat spermisida dalam kondom
    3. Alergi akibat bahan baku kondom (latex)
    4. Penggunaan kondom yang kadaluarsa
    5. Penyakit kulit lainnya, seperti scabies, pediculosis, infeksi bakteri
    6. Infeksi jamur
    7. dan lainnya
    Walaupun kasus alergi yang disebabkan oleh latex atau zat spermisida yang terkandung dalam kondom jarang ditemukan, namun sudah ada beberapa laporan mengenai kasus tersebut. Untuk mengetahui apakah Anda mengalami alergi terhadap bahan tersebut, Anda dapat memeriksakan diri ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan alergi yang bernama test patch atau prick test. Dokter juga akan memeriksakan organ kelamin Anda secara fisik untuk mendeteksi kemungkinan lain yang dapat menyebabkan gatal dan bentol tersebut. Berikut adalah laman yang dapat Anda akses mengenai cara-cara menangani gatal pada organ kelamin laki-laki (disini) Sumber lain: www.md-health.com Semoga dapat bermanfaat. Salam, dr Henry Andrean

    Dok obat apa yg cocok untuk penyakit sy dok... Trima kasih tlong jwbn nya dok...

    Hello, Pengobatan harus disesuaikan dengan penyebab penyakitnya. Pengobatan yang tidak sesuai akan menyebabkan penyakit tidak sembuh atau bahkan dapat menyebabkan perluasan atau komplikasi lain. Sebagai contoh jika penyebab gatal pada kelamin Anda disebabkan oleh infeksi jamur, namun diberikan obat alergi, maka penyekit jamur tersebut tidak bisa sembuh. Untuk dapat menegakkan penyebabnya, Anda membutuhkan pemeriksaan dokter terlebih dahulu. Baru setelah itu, dokter akan memberikan resep yang sesuai. Namun setidaknya Anda dapat melakukan hal-hal berikut dibawah ini untuk menjaga kebersihan organ kelamin guna mengurangi rasa gatal:

    1. Cuci organ kelamin Anda dengan air bersih minimal 1 kali sehari
    2. Hindari penggunaan sabun yang mengandung zat kimia keras
    3. Keringkan organ kelamin Anda setelah dicuci
    4. Gunakan celana dalam yang berbahan katun
    5. Ganti celana dalam minimal 1 kali sehari
    6. Ganti celana dalam jika basah
    7. Hindari penggunaan bedak pada sekitar organ kelamin
    Semoga dapat berguna. Salam, dr Henry Andrean