Tanya Dokter

  • Kepala sering sakit dan berdenyut

  •  PuangBos Awan
    Anggota

    Dok, saya awan umur 23 oktober tahun ini. Dok, kepala saya sering sakit, kadang berdenyut. Lengan kanan saya kadang terasa nyeri. Dan tiap hari 3 minggu terakhir kelopak mata saya atas Dan bawah terkelupas. Kadang juga terasa seperti mau jatuh pandangan kabur. Tapi setelah beristirahat beberapa saat normal kembali. diagnosis penyakit saya apa?

    Halo, Dari gejala yang Anda paparkan, masih banyak kemungkinan penyebab penyakitnya. Anda harus diperiksa langsung oleh dokter/dokter saraf untuk diketahui penyebabnya. Dokter akan memeriksa tensi, fungsi saraf, penglihatan mata, dan pemeriksaan lengan serta CT scan kepala jika diperlukan. Lengan kanan yang terasa nyeri bisa merupakan gejala tambahan dari  penyakit penyebab sakit kepala Anda tetapi bisa juga tidak berhubungan dengan sakit kepala, misalnya: karena otot, sendi, tulang, saraf yang sakit. Begitu juga pandangan kabur, selain bisa terjadi bersama sakit kepala (misal: migrain, klaster) bisa juga disebabkan oleh: gangguan penglihatan mata sehingga harus koreksi/ pakai kaca mata. Sakit kepala dibedakan menjadi 2 yaitu: Sakit kepala primer yaitu sakit kepala yang tidak disertai penyakit tertentu yang mendasarinya, diantaranya:

    • sakit kepala tegang: paling banyak dijumpai, disebabkan stress atau kelelahan disertai tegang otot.
    • sakit kepala klaster: sakit kepala sebelah yang berat, saat serangan bisa disertai sakit dibelakang/sekitar mata,mata merah dan sensitif terhadap cahaya, hidung berair. Banyak dialami pria perokok.
    • migrain: sakit kepala berdenyut pada satu sisi kepala bisa disertai gangguan penglihatan seperti pandangan kabur, lengan kesemutan dan baal satu sisi.
    Sakit kepala sekunder yaitu sakit kepala yang disertai penyakit yang mendasarinya. Misalnya akibat: sinusitis (peradangan rongga hidung), tensi tinggi, penyakit pembuluh darah, proses di otak(infeksi, tumor), kurang cairan, gangguan panik,dll. Pemicu sakit kepala:
    • Kurang istirahat atau kebanyakan tidur
    • Stress emosional
    • Perubahan cuaca
    • Suara berisik, terlalu silau/terik
    • Makanan tertentu: banyak MSG, coklat, keju, kopi, alkohol, daging merah
    Anda bisa melakukan tindakan pencegahan dengan cara menjauhi faktor-faktor risiko pemicu sakit kepala tersebut. Cukup istirahat, cukup minum air putih, dan minum Paracetamol tablet jika nyeri mengganggu. Bacalah link berikut: Sakit kepala Makanan penyebab sakit kepala Semoga membantu dr.Miranti Iskandar