Tanya Dokter

  • Mengatasi sakit kepala bagian belakang yang hilang timbul

  •  Adeaditya
    Anggota
    Nama saya adetya, dari 5 hari yang lalu saya sakit kepala di bagian belakang, setelah saya minum obat sakit kepala saya hilang. Tapi saat badan saya merasa kedinginan karena cuaca sedang hujan, sakit kepala saya datang lagi dan dibagian yang sama. Lalu saya minum obat lagi dan sembuh. Tapi sakit kepala saya selalu datang lagi saat badan saya kedinginan. Apakah itu wajar??

    Halo adetya......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Gangguan kesehatan yang anda alami dengan keluhan utama berupa timbulnya rasa sakit pada kepala bagian belakang, paling sering disebabkan oleh karena sakit kepala jadi sakit kepala tegang.

    Berikut ini beberapa pemicu timbulnya sakit kepala tegang, diantaranya adalah : stres psikologis, cuaca dingin ataupun panas, kurang tidur, merasa lapar, dehidrasi, tubuh dalam kondisi kelelahan yang sangat, dan lain sebagainya.

    Akan tetapi selain oleh karena hal yang telah disebutkan diatas, kondisi yang Anda alami juga dapat disebabkan oleh : neuralgia oksipital, migrain basilar, gangguan kesehatan pada gigi, infeksi pada telinga.

    Jika sakit kepala masih saja terjadi walaupun Anda sudah mengonsumsi obat pereda rasa sakit, maka kami sangat menyarankan untuk segera menemui dokter spesialis neurologi / saraf, diskusikan masalah ini, agar Anda dapat lakukan serangkain penanganan lebih lanjut.

    Lakukanlah pola hidup sehat agar mencegah timbulnya sakit kepala jenis ini terjadi kembali, diantaranya adalah : kelola stress psikologis, makan makanan yang sehat dan bergizi tepat waktu, minum air putih minimal 2 Liter perhari, jangan begadang, olahraga teratur sesuai dengan kemampuan, stop merokok dan jangan minum minuman keras.

    KLik artikel di bawah ini yang sesuai dengan pertanyaan Anda :

    SAKIT KEPALA

    Demikian penjelasan dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    @dr.jati