Tanya Dokter

  • apa penyebab makanan tidak tercerna?

  • Selamat malam dok,saya ingin bertanya,ketika saat saya buang air besar saya sering melihat feses saya tidak tercerna sebagian,seperti contoh nya ketika saya makan ketan hitam pada saat buang air besar ketan hitam itu masih utuh dan terpisah dari feses,pernah juga wortel kecil,jagung dan sayuran seperti sawi,apakah itu wajar dok?apa ada gangguan pada pencernaan saya?terima kasih dok :)

    Hai,   Beberapa jenis makanan memang pada dasarnya sulit dicerna oleh tubuh, tetapi proses pengolahan makanan, cara makan dan kondisi kesehatan saluran pencernaan bisa mempengaruhi hasil akhir dari bentuk makanan Anda. Beberapa jenis makanan yang sulit dicerna  adalah :

    1. Makanan pedas = capsaicin pada makanan pedas merupakan senyawa yang sulit dicerna oleh asam lambung.
    2. Kubis kubisan / sayuran berdaun hijau = Kol, brokoli, sawi, wortel dll merupakan sayuran yang kaya akan serat. Serat merupakan bentuk senyawa yang sulit dihancurkan dan dicerna oleh asam lambung, terutama apabila dimakan dalam kondisi mentah. Anda bisa memasak sayuran tersebut agak lunak agar mempermudah asam lambung dalam menghancurkan dan melumatkan bentuk serat.
    3. Makanan yang digoreng kering / berminyak = makanan berminyak juga sulit dicerna akibat kadar lemak dan minyak yang tinggi yang akan merusak fungsi pencernaan yang sehat.
    4. Kacang kacangan = mengandung karbohidrat tinggi yang sulit dicerna oleh tubuh.
    5. Makanan mentah = salad, lalapan dll.
    6. Buah buahan tertentu = nangka , sirsak dan cempedak.
    7. Makanan mengandung pemanis buatan .
    8. Makanan bersifat asam = makanan seperti tomat, jagung, kacang lentil yang bersifat asam akan merusak sistem pencernaan yang sehat dan membuat makanan jadi sulit dicerna.
    9. dll.
    Untuk mengurangi keluhan Anda, Anda dapat tetap mengkonsumsi makanan diatas dalam jumlah yang sedang, dimasak terlebih dahulu, dikunyah dengan halus dan dilumatkan dengan baik oleh gigi serta memperhatikan kesehatan pencernaan Anda. Hindari juga mengkonsumsi obat obatan maag secara terus menerus yang bisa mengurangi produksi asam lambung sehingga bisa menyebabkan makanan susah dicerna. Beberapa kondisi medis yang bisa menyebabkan makanan yang dikonsumsi semakin sulit dicerna antara lain adalah :
    1. Gangguan empedu = batu empedu, radang empedu dll
    2. Gangguan lambung
    3. Gangguan usus
    4. Gangguan produksi enzim pencernaan
    5. dll
    Baca bahasan Proses pencernaan. Semoga membantu.   dr. Yusi