Tanya Dokter

  • Apa penyebab batuk berdahak dan berdarah tiba tiba?

  •  Zahra Livana
    Anggota
    Selamt pgi dok.. Saya zahra umur saya 15 tahun dok, karena saya takut sebelum diperiksa oleh dokter dirumah sakit saya mau bertanya dulu ke dokter... Saya belum pernah batuk berdahak berkepanjangan sampai 1 minggu ya paling lama batuk saya waktu itu cuma 3-4 hari dok... Itu pun sudah lama terjadinya... Saya tiba tiba merasa tidak enak badan 2 hari yang lalu, saat dihari itu belum terasa banget sakitnya tapi malamnya langsung demam dok belum batuk. Tapi besoknya saya demam dok badan saya sakit sakit semua, malamnya saya baru batuk batuk dok saya kaget pas batuk saya keluar dahak bercampur darah terkadang darahnya merah pekat kadang darahnya gak terlalu pekat terkadang pula gak keluar darah. Memang sebelumnya saya sering banget makan makanan berminyak disekolah bisa dibilang hampir tiap hari.. Jadi saya batuk berdarah ini karena apa dok? Terima kasih

    Halo,

     

    Batuk berdarah merupakan sebuah kondisi yang wajib untuk diperiksakan lebih lanjut. Maka itu sebaiknya Anda tetap memeriksakan diri ke dokter walaupun Anda telah mengkonsultasikan masalah ini.

    Batuk berdarah bisa disebabkan oleh karena kondisi seperti :

    1. Infeksi paru = TBC.
    2. Varises esofagus.
    3. Paska mimisan.
    4. Iritasi pada saluran nafas.
    5. Trauma yang menyebabkan pembuluh  darah di esophagus pecah.
    6. kanker paru.

    Adanya batuk dan kemudian disertai adanya darah pada dahak sebaiknya segera diperiksakan ke dokter. Tes fisik dan medis seperti rontgen paru, CT SCAN, tes darah dna tes dahak sebaiknya dilakukan untuk mengetahui penyebab adanya darah pada dahak Anda.

    Dengan mengetahui penyebabnya maka dokter bisa menentukan pengobatan yang sesuai dengan baik dna terarah.

    Saat ini sangat disarankan untuk Anda agar memperbanyak minum air putih, hindari makanan atau minuman yang terlalu panas, gunakan masker jika bepergian, makan nutrisi seimbang dan segera lakukan pemeriksaan ke dokter.

     

    Semoga bermanfaat.

     

    dr. Yusi