Tanya Dokter

  • Penyebab benjolan di kepala bayi

  •  Diankarduz
    Anggota
    dok anak sy baru umur 6 hari tpi ada benjolan di kepala sblah kiri itu apa penyebabnya dok....?

    Halo Diankarduz,

    Benjolan yang terdapat di kepala bayi yang baru lahir dapat disebabkan oleh:

    • Cefalhematom. yaitu perdarahan pada lapisan terluar tulang kepala bayi. Perdarahan ini terjadi akibat robekan pada pembuluh darah. Benjolan ini dapat terjadi akibat proses persalinan yaitu karena tarikan alat vakum yang digunakan untuk membantu persalinan, persalinan yang lama sehingga menyebabkan tekanan jalan lahir pada kepala bayi, . Benjolan ini dapat membesar namun tidak ada yang perlu dikhawatirkan karena umumnya perdarahan ini dapat diserap oleh tubuh dalam waktu 2-8 minggu. Jika perdarahan ini terjadi akibat adanya tulang tengkorak yang retak maka benjolan ini dapat hilang lebih lama yaitu dalam 1-3 bulan. Walaupun tidak diperlukan penanganan khusus, Anda harus tetap memperhatikan benjolan ini terutama bila benjolan tidak hilang dalam waktu 3 bulan atau ada gejala lain seperti pucat, bayi menjadi kuning, demam, dan lainnya. Bila gejala tersebut muncul silakan Anda segera berkonsultasi dengan dokter spesialis anak.
    • Kaput sukadaneum, yaitu benjolan pada kulit kepala bayi yang teraba seperti berisi cairan. Benjolan ini juga terjadi akibat persalinan normal yang lama. Kontraksi rahim menyebabkan terjadi penekanan pada tulang kepala bayi yang mengakibatkan cairan serum terkumpul di bawah kulit kepala. Umumnya benjolan ini akan hilang sendiri dalam beberapa hari.

    Silakan Anda terus mengawasi ukuran benjolan ini dan kondisi umum anak Anda. Jika bayi Anda mengalami gejala demam, kejang, kulit kuning, bayi tidak mau menyusu, rewel atau lemas, silakan Anda segera berkonsultasi dengan dokter spesialis anak.

    Semoga membantu.

    Dr. Aloisia